Sukses

Jadi Bupati Perempuan Pertama di Gorontalo, Ini Sosok Merlan Uloli

Merlan yang sebelumnya hanya Wakil Bupati Bone Bolango (Bonebol), kini diangkat menjadi Bupati Bonebol setelah menggantikan Hamim Pou.

Liputan6.com, Gorontalo - Sosok Merlan S. Uloli saat ini menjadi perbincangan publik. Pasalnya, Merlan Uloli adalah perempuan pertama yang menjadi kepala daerah di Provinsi Gorontalo.

Merlan yang sebelumnya hanya Wakil Bupati Bone Bolango (Bonebol), kini naik takhta menjadi Bupati Bonebol setelah menggantikan Hamim Pou.

Hamim harus merelakan jabatanya karena dirinya diperintahkan partai untuk maju di Pemilihan DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara (Sulut).

Mundurnya Hamim Pou juga disusul Keputusan Menteri Dalam Negeri (SK Mendagri) nomor 100.2.1.3- 3696 tahun 2023. SK tersebut merupakan Pengesahan Pemberhentian Bupati Bone Bolango dan Penunjukan Pelaksana Tugas Bupati Bone Bolango.

Meski masih berstatus Pelaksana Tugas (Plt) Bupati, tapuk pimpinan daerah di ujung timur Gorontalo itu sudah menjadi kewenangan Merlan sejak 3 November lalu. Belum satu bulan menjabat, Merlan memfokuskan diri dalam penanganan stunting dan kemiskinan.

"Saya siap mendedikasikan diri untuk Bone Bolango. Terutama dalam hal penurunan angka kemiskinan dan persoalan sosial lainnya yang masih terjadi," kata Merlan kepada Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Merlan

Merlan sendiri mengawali kariernya di lingkup Pemerintah Kota Jayapura, Papua. Tidak langsung menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN), dirinya mengadu nasib di tanah Papua sebagai tenaga honorer.

Wanita kelahiran Gorontalo 20 Mei 1965 kemudian diangkat menjadi ASN dan berhasil menduduki beberapa jabatan birokrasi di Papua. Puncanya di birokrasi, ia sempat menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura.

Setelah 22 tahun mengabdi jadi ASN di Kota Jayapura. Merlan kembali ke kampung halaman dan terjun ke dunia politik. Pinangan petahana Hamim Pou yang kembali maju di Pilkada Bonebol Desember 2020 silam, membuat keduanya memenangkan kontestasi itu.

Seperti di birokrasi, karier Merlan makin moncer setelah kini menjadi Plt Bupati Bonebol. Bahkan, di gadang-gadang dirinya bakal maju dalam perhelatan Pilkada 2024 mendatang.

Sebagai petahana, Merlan diprediksi merupakan kandidat terkuat dalam perhelatan pemilihan kepala daerah di Bonebol kedepan. Saat ini, banyak yang mulai menawarkan diri mendampingi beliau di Pilkada mendatang.

Meski begitu, Merlan masih belum fokus pada perhelatan Pilkada tahun depan. Dirinya kini tengah memperbaiki segala sesuatu yang belum tuntas selama kepemimpinannya, terutama soal kemiskinan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.