Sukses

Netflix Rilis Dokumenter 'Persona: Sulli', Berikut Profilnya

Film dokumenter Sulli bertajuk "Persona: Sulli" telah resmi rilis di Netflix sejak Senin (13/11/2023). Film ini berisi perjalanan dan momen-momen Sulli.

Liputan6.com, Bandung - Film Dokumenter bertajuk "Persona: Sulli" menjadi film dokumenter yang tayang di platform Netflix sejak Senin (12/11/2023). Film ini menjadi karya yang menampilkan momen-momen dari mendiang idol Korea Selatan Sulli yang meninggal dunia pada 2019.

Sebelumnya, film dokumenter tersebut telah tayang secara perdana dalam acara Busan International Film Festival (BIFF) ke-28. Penayangannya dilakukan dari tanggal 4 hingga 13 Oktober 2023.

Diketahui dalam film dokumenter tersebut menampilkan wawancara terakhir dari mendiang Sulli yang berlangsung pada empat tahun lalu. Melansir dari Netflix terdapat dua epsiode yang bisa ditonton yang pertama berdurasi 29 menit dan kedua berdurasi 100 menit.

Pada film bagian pertamanya di Netflix mempunyai judul bertajuk “4: Celan Island” dan bagian keduanya berjudul “Dear Jinri”. Dokumenter ini digarap oleh Jung Yoon Suk dan sempat batal tayang karena kabar duka Sulli saat itu.

Film dokumenter ini banyak dinantikan oleh para penggemar terutama yang merindukan sosok Sulli. Pasalnya, idol tersebut meninggal dunia secara mendadak karena memutuskan untuk bunuh diri.

Melalui film dokumenter tersebut terdapat cerita tentang kehidupan masa kecil serta karier Sulli sebagai idol dan salah satu personel f(x). Tentunya tayangan film ini akan menampilkan sisi-sisi lain yang tidak sempat atau tidak pernah diperlihatkan oleh Sulli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Sulli

Sulli mempunyai nama lengkap Choi Jin Ri adalah seorang idol kelahiran 29 Maret 1994 di Yangsan, Selatan Gyeongsang, Korea Selatan. Sulli mempunyai beberapa saudara laki-laki yang terdiri dari dua kakak laki-laki dan satu adik laki-laki.

Sulli pernah menempuh pendidikan di Sekolah Dasar Jungbu, Sekolah menengah pertama Chungdam, dan sekolah seni di Seoul Performing Arts High School. Sebelumnya Sulli debut dibawah naungan agensi TOP 3 Korea bernama SM Entertainment.

Pada Agustus 2015, Sulli memutuskan keluar dari girl groupnya yaitu f(x) dan meninggalkan keempat rekannya yang ada dalam grup tersebut. Saat itu, pihak agensi mengumumkan jika Sulli keluar dari grup untuk fokus dalam bidang berakting.

Sulli juga menjadi CEO untuk toko pop-up miliknya melalui SM Entertainment dan debut solo pada 28 Juni 2019. Namun, pada 14 Oktober 2019 Sulli dikabarkan meninggal dunia di rumahnya dan ditemukan oleh manajernya.

3 dari 4 halaman

Fakta-Fakta Sulli f(x)

Berikut ini adalah fakta-fakta menarik dari Sulli:

1. Debut sebagai Artis Sebelum Jadi Idol

Sulli ternyata mengawali kariernya bukan sebagai idol melainkan sebagai artis anak-anak. Dia mempunyai senyuman manis dan telah tampil di layar kaca sejak 2005 dan berperan sebagai Putri Seonhwa dari Silla di The Ballad of Seodong.

Dalam karier beraktingnya Sulli bahkan pernah meraih penghargaan “New Star Award” dalam drama populer To The Beautiful You. Melalui drama ini, Sulli bahkan memotong pendek rambutnya untuk mendalami karakter yang ia perankan.

2. Mempunyai Julukan “Giant Baby”

Sulli mempunyai julukan manis ketika ia masih bergabung dengan grupnya yaitu f(x) oleh para penggemar. Julukan tersebut adalah “Giant Baby” karena Sulli mempunyai tubuh yang jangkung atau tinggi meski mempunyai wajah yang imut seperti anak-anak.

4 dari 4 halaman

Fakta Berikutnya

3. Memiliki Fobia

Melansir dari acara Amazing f(x) Sulli ternyata mempunyai sejumlah fobia yang tidak ragu ia bagian kepada media dan publik. Salah satu fobia yang ia alami adalah aquaphobia dan fobia tersebut menjadi fobia yang dialaminya sangat parah.

Pasalnya, ketika masih kecil, dua orang teman yang berada di satu gereja dengannya pernah menenggelamkan kepalanya ke dalam air. Selain itu, Sulli juga menyebutkan bahwa ia mempunyai gangguan kepanikan dan fobia sosial melalui Instagram pribadinya.

4. Sering Digosipkan

Sulli merupakan salah satu idol Korea yang sangat terkenal saat itu dan sering terlibat rumor-rumor asmara. Bahkan warganet Korea banyak yang menggosipkan bahwa Sulli kerap kali berpacaran dengan beberapa selebritas pria.

Di antaranya Kim Heechul Super Junior, G-Dragon BigBang, Chanyeol EXO, hingga Minho Shinee. Namun satu-satunya hubungan Sulli yang pernah dikonfirmasi adalah ketika berhubungan dengan personel Dynamic Duo Choiza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini