Sukses

Cobain Yuk, Ini Rekomendasi Minuman Herbal untuk Penderita Diabetes

Agar penyandang diabetes bisa terkontrol bisa dilakukan dengan mengurangi konsumsi gula. Meski sewaktu-waktu penyakit ini bisa saja kambuh lagi kalau gula tidak terkontrol.

Liputan6.com, Yogyakarta - Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Penyakit ini juga kerap disebut sebagai silent killer dan konon tak bisa disembuhkan.

Agar penyandang diabetes bisa mengontrol kadar gula dalam darahnya maka dilakukan pengurangan konsumsi gula. Meski sewaktu-waktu kadar gulanya bisa saja naik lagi kalau tidak terkontrol.

Lantas banyak orang yang melakukan berbagai upaya untuk meringankan penyakit ini, di antaranya dengan mengonsumsi obat dan minuman herbal. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa minuman herbal yang patut dicoba bagi penyandang diabetes.

1. Jahe

Tak bisa dimungkiri bahwa jahe sudah sejak lama dijadikan obat tradisional. Tumbuhan yang punya aroma khas ini bahkan banyak digunakan dalam masakan, terutama di India.

Di Indonesia, jahe juga kerap ditemui sebagai bahan minuman atau masakan. Jahe juga banya digunakan untuk meminimalkan risiko diabetes, sebab diyakini dapat meningkatkan sensivitas tubuh terhadap insulin dan sekresi insulin.

2. Ginseng

Minuman herbal diabetes yang kedua adalah gingseng. Spesies tanaman ini berkhasiat obat dan termasuk dalam suku Araliaceae. Ginseng biasanya tumbuh d belahan bumi utara, utamanya di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam, yaitu Panax vietnamensis.

Tumbuhan ini juga telah lama digunakan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional. Ginseng sangat cocok dikonsumsi orang yang menderita diabetes karena dapat mempercepat produksi insulin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kayu Manis

3. Kayu Manis

Kayu manis atau dikenal juga dengan nama ilmiah Cinnamomum adalah jenis pohon penghasil rempah-rempah. Cinnamomum zeylanicum termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang dihasilkan dari kulit bagian dalam yang kering, amat beraroma, manis, dan pedas.

Kayu manis sudah sejak lama digunakan untuk penderita diabetes, utamanya diabetes tipe 2. Dikutip dari berbagai sumber, kayu manis dapat meningkatkan kadar glukosa plasma puasa atau hemoglobin.

4. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah cuka yang terbuat dari jus apel yang difermentasi dan biasanya digunakan dalam saus salad, marinade, vinaigrettes, pengawet makanan, hingga chutney.

Cara membuatnya dengan menghancurkan apel, lalu memeras jusnya. Cuka sari apel terbukti dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sekaligus membantu produksi insulin di tubuh.

Cuka sari apel jika dikonsumsi dapat membuat tubuh mampi dengan cepat memproses karbohidrat hingga kadar gula darah stabil.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.