Sukses

Resmi, Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Indrapura-Lima Puluh Beroperasi Tepat di Hari Pahlawan

Gerbang Tol Lima Puluh ruas Indrapura-Kisaran, seksi Indrapura-Lima Puluh sepanjang 15 Kilometer (Km) resmi dibuka pada hari ini, Jumat (10/11/2023). Selain ruas Indrapura-Lima Puluh, juga dibuka dari Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 28 Km.

Liputan6.com, Batu Bara Gerbang Tol Lima Puluh ruas Indrapura-Kisaran, seksi Indrapura-Lima Puluh sepanjang 15 Kilometer (Km) resmi dibuka pada hari ini, Jumat (10/11/2023). Selain ruas Indrapura-Lima Puluh, juga dibuka dari Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 28 Km.

"Untuk tarif masih Rp 0. Jadi, kita operasikan tanpa tarif, sampai menunggu Kepmen Tarif dari Kementerian PUPR," kata Branch Manager Indrapura Kisaran (Inkis) PT Hutama Karya, Ari Wibowo.

Meski pengoperasian masih tanpa tarif, namun pengguna jalan tetap menggunakan e-Toll untuk tapping di gerbang masuk dan keluar. Untuk sarana dan prasarana sudah lengkap, baik di Indrapura-Kisaran, seksi Indrapura-Lima Puluh.

"Juga sudah memiliki sertifikat laik beroperasi. Juga ada Kepmen Pengoperasian dari Kementerian PUPR. Kedua gerbang tol dibuka tepat pukul 10.00 WIB," Ari Wibowo menuturkan.

Diterangkannya, alasan dibuka bertepatan pada 10 November 2023 bertepatan pada momentum peringatan Hari Pahlawan, karena juga sudah keluar Kepmen Penetapan Pengoperasian pada 2 Oktober 2023.

"Kita juga baru koordinasi ruas tol dari PT Hutama Marga Waskita (HMW), dari Tebing Tinggi-Indrapura. Jadi, momen 10 November 2023 ini sangat tepat untuk dibuka operasi tanpa tarif seksi Indrapura-Lima Puluh dan juga Tebing Tinggi-Indrapura," terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembangunan Rest Area

Dijelaskan Ari Wibowo, ada 2 Rest Area sedang dibangun di seksi Indrapura-Lima Puluh, tepatnya di KM 118A dan 119B. Ditargetkan saat momentum Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 bisa difungsikan untuk masyarakat.

"Nantinya, di Rest Area akan dilibatkan UMKM lokal. Karena prioritas dari Hutama Karya itu 80 persen UMKM," jelasnya.

Kepada masyarakat, sebut Ari Wibowo, tetap mengutamakan keselamatan saat melintas jalan tol. Diimbau untuk selalu berhati-hati, utamakan keselamatan, dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

"Estimasi waktu yang dipangkas, dari Tebing Tinggi-Indrapura-Lima Puluh, yang tadinya dari Tebing Tinggi ke Lima Puluh sekitar 1 hingga 1,5 jam. Dengan dibukanya tol ini bisa ditempuh sekitar 15 hingga 20 menit," sebutnya.

3 dari 4 halaman

Sangat Dinanti Masyarakat

Bupati Batu Bara, Zahir menyebut, selama ini kehadiran jalan tol ini sangat dinantikan masyarakat Sumut, khususnya Batu Bara, karena dapat mengurangi kemacetan dan berpengaruh bagi pembangunan yang sedang berjalan.

"Kami ucapkan terima kasih atas dibukanya jalan tol ini. Kami mendukung hal-hal yang berhubungan terhadap proses. Kami siap menerima dan membantu. Dengan adanya jalan tol, akan mempercepat distribusi bahan baku, dan akan meningkatkan pendapatan ekonomi," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Kabar Baik Bagi Warga Sumut

Kabar bagi bagi warga Sumut. Mulai 10 November 2023, tepatnya pukul 10.00 WIB, ruas Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Indrapura-Lima Puluh mulai beroperasi tanpa tarif.

Hal itu menyusul terbitnya Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1401/KPTS/M/2023 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi Indrapura-Lima Puluh serta Kepmen PUPR Nomor 1518/KPTS/M/2023 tanggal 25 Oktober 2023 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi-Junction Indrapura dan seksi 2 Segmen Junction Indrapura-Simpang Susun Indrapura, Hutama Karya dan Hutama Marga Waskita (HMW) mengoperasikan 2 ruas jalan tol sepanjang 15,6 Km dan 28,5 Km tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini