Sukses

Geger Buaya 3 Meter Kali Koala Bandar Lampung Menyelonong ke Permukiman Warga

Butuh waktu 1,5 jam untuk mengevakuasi buaya sepanjang 3 meter yang muncul di permukiman warga Bandar Lampung itu.

Liputan6.com, Lampung-- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkartan) Bandar Lampung berasil mengevakuasi 1 buaya berukuran 3 meter di perairan Kali Koala, Kecamatan Bumi Waras, kota setempat, akhir pekan kemarin. 

Kepala Disdamkartan Bandar Lampung, Anthony Irawan mengaku mendapatkan informasi keberadaan buaya 3 meter itu dari warga. 

Buaya tersebut sebelumnya kerap muncul di perairan Kali Koala di dekat pemukiman warga setempat. 

"Kami dapat laporan dari warga pada Minggu dinihari, setelah itu petugas langsung ke lokasi untuk melakukan evakuasi buaya tersebut," kata Anthony Irawan, kepada wartawan, Senin (6/11/2023).

Anthony menerangkan, butuh waktu sekitar 1,5 jam untuk mengevakuasi buaya tersebut. 

"Evakuasi dinyatakan selesai pukul 01.30 WIB, dengan menggunakan peralatan helm, senter, tali jerat dan sarung tangan," bebernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terjunkan 10 Personel Disdamkartan

Dia juga mengatakan, menerjunkan 10 personil untuk mengevakuasi buaya tersebut. 

"Kami kerahkan 5 personel yang bertugas ditambah bantuan dari rekan piket TON A sebanyak 5 personel dan satu unit mobil rescue," jelasnya. 

Anthony mengatakan, pasca dievakuasi buaya tersebut dibawa ke Disdamkartan setempat, selanjutnya akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Lampung. 

"Nanti kita akan bawa ke BKSDA. Sementara buaya masih di Mako," tutupnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini