Sukses

Peringkat BWF Terkini: Jonatan Christie Naik 2 Tingkat, Anthony Ginting Membayangi Viktor Axelsen

Di partai final, Jonatan Christie sukses menekuk pebulutangkis wakil Tiongkok Li Shi Feng dengan skor 16-21, 21-15, 21-14.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pebulutangkis Indonesia Jonatan Christie merangsek ke peringkat empat ranking BWF terkini. Hasil ini ia dapat usai memenangkan French Open 2023 beberapa waktu

Di partai final, Jonatan Christie sukses menekuk pebulutangkis wakil Tiongkok Li Shi Feng dengan skor 16-21, 21-15, 21-14. Kemenangan itu membuat peringkat Jonatan naik dua peringkat atau bertengger di posisi empat.

Kemenangan di French Open membuat Jonatan naik dua peringkat atau saat ini bertengger peringkat empat dunia. Posisi ini jadi selangkah lebih dekat dengan rekornya sebelum ini yang sempat menjajaki peringkat 2 dunia.

Selanjutnya sang lawan, Li Shi Feng peringkatnya naik ke posisi 3 yang sebelumnya di peringkat 5. Kemudian Kodai Naraoka dan Kunlavut Vitidsarn tersalip dan harus turun ke posisi lima dan enam.

Sementara itu, di peringkat puncak Viktor Axelsen masih kokoh, disusul tunggal putra Indonesia Anthony Ginting di posisi 2.

Wajar saja, poin Axelsen terlampau jauh, ia sudah mengemas 101.355 poin, torehan yang cukup jauh untuk dikejar pesaing-pesaingnya dalam waktu dekat. Sedangkan Ginting baru mengoleksi 86.611 poin.

Sebelum menutup tahun 2023, persaingan di peringkat 10 besar diprediksi masih akan berlangsung sengit. Pasalnya, selisih poin antar pemain terlihat cukup tipis, misalnya Li Shi Feng di posisi ketiga hanya selisih sekitar 6.000 poin dengan Prannoy H.S yang kini bercokol di peringkat 8 dunia.

Adapun selain Anthony Ginting dan Jonatan, tunggal putra Indonesia lainnya terpaut cukup jauh di peringkat 23, yakni Chico Aura Dwi Wardoyo. Kemudian ada nama Shesar Hiren Rhustavito di peringkat ke-45.

Selanjutnya di nomor tunggal putri, wakil Indonesia Gregoria Mariska Tunjung belum berubah di posisi ketujuh. Sementara rekan senegaranya Putri Kusuma Wardani berhasil naik satu step ke posisi 28.

Peringkat ini tentu masih akan berubah hingga menutup tahun 2023 mendatang. Lantas apakah Jonatan bakal naik lagi atau justru turun peringkat?Menarik untuk dinantikan.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini