Sukses

6 Kota Serentak Bikin Festival 76 Indonesia Peringati Hari Sumpah Pemuda

Sebanyak 6 kota serentak menggelar festival memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Liputan6.com, Solo - Peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 menjadi momentum untuk menggelorakan kembali kebangkitan generasi muda dan kebanggaan Indonesia. Hal itu sebagai bagian dari peringatan sumpah pemuda, tahun 2023 ini 76 Heppiii Community menggelar kegiatan kumpulan berbagai komunitas anak muda di Indonesia.

Hal itu juga menginisiasi sebuah Festival Indonesia Adalah Kita (IAK) 2023 yang akan berlangsung serentak di enam kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah, Sabtu (28/10/2023).

Koordinator 76 Heppiii Community Ronald Theo Lesmana mengatakan Festival IAK 2023 tak hanya peringati Hari Sumpah Pemuda tapi juga menghadirkan berbagai macam kreasi, skill, dan beragam kolaborasi yang melibatkan generasi muda di enam kota terpilih.

Pemilihan enam kota yaitu Pasuruan, Sidoarjo, Madiun, Solo, Semarang, dan Purwokerto dilatarbelakangi keinginan agar generasi muda perkotaan kembali mengambil peran penting dalam berbagai kegiatan di masyarakat.

"Kami ingin mendorong generasi muda khususnya di perkotaan untuk berkreasi, berkarya dan menjadi bagian kemajuan Indonesia. Generasi muda adalah harapan bangsa, masa depan bangsa ini adalah masa depan mereka juga," kata dia di Solo, Jumat (27/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mewadahi Kreativitas Generasi Muda

Menurutnya, Indonesia bukan tentang seberapa banyak gedung-gedung bertingkat atau tentang seberapa banyak pulau-pulau. Dirinya menyebut, Indonesia adalah tentang seberapa banyak pribadi-pribadi yang mencintai bangsanya.

"Ini karena Indonesia Adalah Kita" ujar Ronald.

Dengan tagline ‘STOP BODO AMAT, JADILAH MANFAAT, STOP GENGSI, BANYAKIN AKSI’ Festival IAK 2023 akan diramaikan oleh beberapa band ternama seperti Superman is Dead (SID), NTRL, Tipe X, Shaggydog, Anji, Endank Soekamti, Kangen Band. Selain itu, turut juga dimeriahkan oleh FSTVLST, Rebellion Rose, Arlida Putri, Lala Widy, Jihan Audy, Klantink yang akan menjadi penghibur di setiap kota.

Tak hanya itu, mewadahi kreativitas generasi muda di setiap kota juga akan di gelar panggung kesenian daerah, bazaar UMKM kuliner, produk kreatif, lomba kreasi mural/grafiti, eksibisi komunitas BMX, skateboard dan b-boy/street dance.

Dirinya berharap melalui Festival IAK 2023 ini 76 Heppiii Community berharap dapat mendorong peningkatan skill, kreativitas, inovasi serta kolaborasi di antara generasi muda tersebut.

Ronald mengajak generasi muda di berbagai Kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah tempat acara tersebut berlangsung, dapat hadir dan ikut berpartisipasi langsung.

"Mengajak dan mengundang generasi muda di Purwokerto, Solo, Semarang, Pasuruan, Sidoarjo, dan Madiun untuk hadir mengekspresikan aktivitas kreatifnya. Sambil menikmati musik berbagai genre, kuliner, serta UMKM produk-produk lokal Indonesia,” ujar Ronald.

Untuk diketahui, Festival IAK di 6 kota ini akan dipusatkan di Alun alun Kota Madiun, lapangan parkir GOR Untung Suropati Pasuruan, kemudian halaman parkir seberang Transmart Sidoarjo.

Sementara di Jawa Tengah ada di Purwokerto yang berlokasi di Menara Pandang Teratai, kemudian di Semarang yang bertempat di Sam Poo Kong, dan Solo bertempat di Pamedan Pura Mangkunegaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.