Sukses

Cerita Urban Gunung Slamet, Gunung Tertinggi di Jawa Tengah

Gunung Slamet menyimpan berbagai cerita mistis dan urban yang dipercaya oleh masyarakat sekitar.

Liputan6.com, Banyumas - Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di lima kabupaten, yaitu Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang.

Gunung Slamet merupakan salah satu gunung favorit para pendaki, baik pemula maupun profesional. Selain keindahan alamnya, Gunung Slamet juga menyimpan berbagai cerita mistis dan urban yang dipercaya oleh masyarakat sekitar.

Berikut adalah beberapa cerita mistis dan urban Gunung Slamet yang paling terkenal yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Puncak Gunung Slamet sebagai Tempat Bersemayamnya Para Makhluk Gaib

Salah satu cerita urband legend Gunung Slamet yang paling populer adalah tentang puncak gunung ini sebagai tempat bersemayamnya para makhluk gaib. Konon, di puncak Gunung Slamet terdapat sebuah kerajaan gaib yang dihuni makhluk halus lainnya.

Cerita ini dipercaya oleh masyarakat sekitar karena kerap terjadi beberapa fenomena alam yang mendukung cerita tersebut. Misalnya, di puncak Gunung Slamet sering terlihat cahaya-cahaya misterius yang berkeliaran.

Selain itu, di puncak Gunung Slamet juga terdapat beberapa batu yang memiliki bentuk yang unik dan dianggap sebagai simbol-simbol sakral.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Pos Samarantu Pintu Gerbang ke Kerajaan Gaib

Pos Samarantu adalah salah satu pos peristirahatan di jalur pendakian Gunung Slamet. Pos ini terletak di ketinggian 2.200 meter di atas permukaan laut.

Pos Samarantu dikenal sebagai pos yang angker dan sering dihuni oleh makhluk halus. Cerita ini dipercaya oleh para pendaki karena terdapat beberapa kejadian mistis yang pernah terjadi di Pos Samarantu.

Misalnya, ada pendaki yang mengaku melihat sosok wanita cantik yang tiba-tiba menghilang. Ada juga pendaki yang mengaku mendengar suara-suara gamelan yang aneh di malam hari.

3. Penampakan Manusia Kerdil

Menurut cerita masyarakat sekitar, di Gunung Slamet sering terlihat penampakan manusia kerdil. Manusia kerdil ini dipercaya merupakan penunggu Gunung Slamet yang telah hidup sejak zaman dahulu.

Warga kerap menemukan jejak kaki manusia kerdil di hutan Gunung Slamet. Ada juga warga yang mengaku melihat manusia kerdil sedang bermain di dekat perkampungan.

4. Ramalan Jayabaya tentang Gunung Slamet

Dalam ramalan Jayabaya, disebutkan bahwa Gunung Slamet akan meletus dan menyebabkan Pulau Jawa terbelah menjadi dua bagian. Ramalan ini masih dipercaya oleh sebagian masyarakat Jawa hingga saat ini.

Pasalnya, Gunung Slamet pernah meletus pada tahun 1786 dan menyebabkan kerusakan yang cukup parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.