Sukses

Memprediksi Musim Hujan dan Pancaroba Wilayah Bandung Raya

Masa pancaroba diprediksi terjadi pada pertengahan dasarian III Oktober hingga awal dasarian II November 2023.

Liputan6.com, Bandung - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi, wilayah Bandung Raya akan memasuki musim hujan pada dasarian II hingga dasarian III November 2023.

Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu menerangakan, untuk puncak musim hujan di wilayah Bandung Raya diperkirakan akan terjadi pada Februari hingga Maret 2024 dengan sifat hujan normal–bawah normal.

Namun demikian, hingga saat ini, proses analisisi observasi data curah hujan untuk menentukan awal musim hujan masih berlangsung.

Teguh Rahayu mengatakan, pada dasarian III Oktober potensi jumlah hari hujan adalah 3 - 5 hari, dengan peluang hujan adalah 50% - 70%. Curah hujan umumnya diprakirakan pada kriteria rendah-menengah dengan sifat hujan bawah normal hingga normal.

"Kondisi demikian dapat meningkatkan peluang kejadian bencana seperti kekeringan di wilayah-wilayah dengan topografi yang mendukung untuk terjadinya bencana-bencana tersebut," terang Teguh Rahayu di Bandung, dikutip Liputan6.com, Senin, 23 Oktober 2023.

Sementara, tahun ini pengaruh El Nino dan IOD positif membuat musim kemarau menjadi lebih kering dari kondisi klimatologisnya. Kondisi itupun ditandai dengan kondisi awan yang relatif lebih sedikit dibanding kondisi normal.

Permukaan bumi pada siang hari menjadi lebih panas, karena tidak ada penyerapan maupun proses pemantulan sinar gelombang pendek yang dipancarkan oleh matahari.

"Pada musim kemarau adalah sesuatu yang lazim apabila pada siang hari terasa panas terik namun suhu nya tidak mencapai kategori esktrim. Namun pada bulan September dasarian III, posisi semu matahari berada di ekuator atau biasa disebut dengan ekuinoks, sehingga sinar matahari yang dipancarkan semakin banyak pada Dasarian III September yang lalu. Namun sekali lagi, kondisi ini tidak akan menyebabkan suhu maksimum menjadi ekstrim," katanya.

"Suhu maksimum normal yang terukur di BMKG Bandung untuk bulan September adalah 30,3º Celsius dan untuk bulan Oktober adalah 30,1 º Celsius," imbuhnya.

Sementara terkait masa pancaroba, diprediksi terjadi pada pertengahan dasarian III Oktober hingga awal dasarian II November 2023.

"Potensinya bersifat berbeda dari tahun sebelumnya, masa pancaroba tahun ini kemungkinan besar hanya ditandai dengan kejadian hujan dan tidak hujan, tidak sesignifikan kondisi masa pancaroba tahun yang lalu yang ditandai dengan kejadian seperti hujan es, angin kencang/puting beliung, dan hujan petir disertai angin kencang," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini