Sukses

TPA Sampah Rawa Kucing Tangerang Terbakar, Penerbangan di Soetta Dipastikan Aman

Diduga akibat cuaca panas yang begitu ekstrem, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Rawa Kucing, Kota Tangerang, terbakar hebat.

Liputan6.com, Jakarta - Diduga akibat cuaca panas yang begitu ekstrem, Tempat Pembuangan Akhir sampah atau TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang, terbakar hebat. 

Kebakaran tersebut terjadi pada pukul 13.45 WIB. Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) mendapat informasi kebakaran dari warga, dan langsung menuju lokasi kejadian. Api pun sudah membumbung tinggi, asap hitam pekat sudah terlihat di sekitaran lokasi kejadian hingga radius beberapa kilometer, termasuk dari Bandara Internasional Soekarno Hatta.

"Yang terdampak di 1 Line dari pintu 1,2 dan 3, yaitu pembuangan sampah," ujar Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono, Jumat (20/10/2023).

Untuk memadamkannya, ada 105 petugas Damkar yang diterjunkan, dengan pengoperasian 34 unit mobil Damkar. Masing-masing berasal dari kantor pusat BPBD Kota Tangerang, UPT Batuceper, UPT Periuk, UPT Cibodas, Pos Benda, Pos Keroncong, Pos Pinang & 10 Unit Tangki Pertamanan.

"Sejak pukul 15.15 WIB, di pintu 1 dan 2 sudah bisa ditangani, lalu di pintu 3 masih dilakukan pemadaman, pemutusan jalur kebakaran. Petugas Damkar masih berada di lokasi kejadian," ungkap Maryono.

Tantangannya yakni, angin yang masih bertiup kencang di lokasi kejadian. Sehingga, membuat petugas perlu berusaha lebih keras untuk memadamkan api.

Sementara, lokasi TPA Rawa Kucing yang jaraknya sekitar 12 kilometer, membuat adanya kekhawatiran dapat mengganggu lalu lintas penerbangan. Namun, hal tersebut dibantah oleh Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta M Holik Muwardi.

"Sampai saat ini aktivitas penerbangan masih aman, dipastikan tidak terganggu," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini