Sukses

Mahfud MD Resmi Jadi Cawapres Ganjar, Pasangan Ganjar-Mahfud Maju di Pilpres 2024

Pada Rabu (18/10/2023) PDI Perjuangan telah resmi mengumumkan Cawapres yang akan menemani Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. Adapun sosok tersebut adalah Menko Polhukam Mahfud MD.

Liputan6.com, Bandung - Pada Rabu (18/10/2023) PDI Perjuangan mulai mengumumkan calon wakil presiden untuk menemani Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. Adapun melalui pengumuman yang digelar sejak pukul 10.00 WIB sosok Mahfud MD terpilih menjadi Cawapres Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, PDIP Perjuangan telah membagikan informasi pengumuman Calon Wakil Presiden Ganjar Pranowo 2024. Pengumuman tersebut dilakukan melalui tayangan live streaming di kanal YouTube dan Facebook PDI Perjuangan.

Menuju Indonesia Emas, Saksikan pengumuman Calon Wakil Presiden Ganjar Pranowo 2024,” tulis @pdiperjuangan.

Pengumuman tersebut dilaksanakan di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro No. 58, Jakarta Pusat. Sebelumnya, sudah ada desas-desus jika calon wakil presiden yang akan menemani Ganjar Pranowo adalah sosok berinisial ‘M’.

Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden yaitu Benny Rhamdani mengungkapkan sosok tersebut. Ia membenarkan jika yang akan menjadi cawapres Ganjar mempunyai inisial M.

“Benar. Inisial M,” ujarnya.

Alhasil banyak masyarakat yang sudah menduga jika sosok berinisial M tersebut adalah Menko Polhukam Mahfud MD. Selain itu Benny juga sempat menyebutkan beberapa sosok selain dari Mahfud MD.

“M itu siapa? Bisa saja Mahfud MD, Mas Ridwan Kamil, Mbak Khofifah, Mas Sandiaga Uno,” ujarnya.

Adapun saat ini kabar Mahfud MD menjadi Bacawapres Ganjar Pranowo telah resmi dibenarkan dalam pengumuman tersebut. Megawati Soekarnoputri membacakan secara langsung pemilihan bacawapres Ganjar Pranowo.

“Dengan mengucapkan Bismillah maka calon wakil presiden yang dipilih oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) yang akan mewakili Ganjar Pranowo adalah bapak Prof. Dr. Mahfud MD,” ujarnya.

Baca juga Website resmi Ganjar Mahfud.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil Mahfud MD Cawapres Ganjar Pranowo

Melansir dari situs resmi ppid.polkam.go.id Mahfud MD mempunyai nama dan gelar lengkap Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., M.I.P. Ia lahir pada 13 Mei 1957 di Sampang, Madura, Jawa Timur.

Saat ini, sosoknya dikenal sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan pada Kabinet Indonesia Maju. Mahfud MD juga pernah menjabat sebagai ketua Mahkamah Konstitusi untuk periode 2008-2013 dan Menteri Pertahanan periode 2000-2001.

Mahfud MD pernah menempuh pendidikan sarjana Hukum Tata Negara di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Serta pernah menempuh sarjana Sastra Arab di Universitas Gadjah Mada.

Ia juga menempuh magister Ilmu Politik di Universitas Gadjah Mada dan gelar Doktor Ilmu Hukum Tata Negara di kampus yang sama. Selain itu Mahfud meraih gelar Profesor Hukum Tata Negara di Universitas Islam Indonesia.

Berikut ini adalah riwayat pekerjaan Mahfud MD melansir dari situs resmi Kemenko Polhukam:

1. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (2019-sekarang).

2. Anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (2017-2018).

3. Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (2008-2013).

4. Anggota DPR RI, menempati Komisi III dan Wakil Ketua Badan Legislatif (2004-2008).

5. Menteri Pertahanan Republik Indonesia (2000-2001).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini