Sukses

Saat Putung Rokok Tukang Ngarit Bikin Repot Orang Sekecamatan di Kebumen

Lahan kering akibat kemarau berkepanjangan berpotensi menyebabkan kebakaran. Seperti yang terjadi di Desa Karangtanjung, Kecamatan Alian, Kebumen

Liputan6.com, Kebumen - Lahan kering akibat kemarau berkepanjangan berpotensi menyebabkan kebakaran. Seperti yang terjadi di Desa Karangtanjung, Kecamatan Alian, Kebumen, terjadi kebakaran lahan di lereng bukit desa setempat pada hari Rabu 27 September 2023.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kapolsek Alian Iptu Awaludin mengatakan kebakaran yang menghanguskan kurang lebih 3 hektar lahan diduga dari kecerobohan seseorang yang membuang putung rokok di sekitar tebing yang kering.

"Diduga karena kelalaian pencari rumput membuang puntung rokok sembarang tempat. Sehingga terjadi kebakaran," jelas Awaludin, Kamis 28 September 2023.

Menurut Awaludin, kebakaran bisa segera dipadamkan menggunakan alat seadanya kurang lebih 45 menit setelah tim gabungan dari Polsek Alian, Koramil Alian, dan Kecamatan Alian, serta warga setempat turun memadamkan kobaran api.

Tim gabungan menggunakan alat seadanya saat memadamkan. Belum lagi ditambah sulitnya medan membuat tim semakin tertantang.

"Kita padamkan menggunakan ranting-ranting pohon. Karena lokasinya memang susah dijangkau. Jadi kami gunakan alat seadanya," jelasnya, di Kebumen.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan

Awaludin mengapresiasi warga yang sigap melaporkan kejadian kebakaran lahan ke Polsek Alian sehingga bisa segera ditangani bersama-sama.

Tidak menutup kemungkinan kebakaran lahan akan lebih meluas jika tidak segera ditangani dengan tepat.

"Di lokasi kebakaran, banyak daun jati kering. Rumput-rumput kering. Belum lagi angin di lokasi cukup kencang. Sehingga kemungkinan merambat semakin cepat sangat mungkin terjadi," ucap dia.

Polres Kebumen mengimbau agar masyarakat lebih waspada dan hati-hati saat pergi ke hutan. Pastikan tidak membuat api atau membuang puntung rokok sembarang yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.