Sukses

Kreatif, ASN di Purwakarta Olah Buah Berenuk Jadi Minuman Segar yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Seorang pria di Kabupaten Purwakarta, berhasil menghalau anggapan jika buah berenuk itu beracun. Di tangannya, buah ini justru bermanfaat bagi kesehatan.

Liputan6.com, Purwakarta - Pohon Berenuk, selama ini mungkin masih dipandang sebelah mata. Karena, masih banyak dari sebagian kalangan yang beranggapan jika pohon dan buah Berenuk itu sangat beracun. Akibatnya, masih banyak masyarakat yang takut untuk mengolah buah ini untuk bahan konsumsi.

Jadi wajar saja, jika manfaat buah dari pohon berenuk ini masih asing bagi beberapa orang. Padahal, jika melihat nutrisi yang terkandung di dalamnya, buah dengan nama ilmiah Crescentia cujeteini punya khasiat cukup melimpah untuk kesehatan lho.

Ada yang tahu apa saja kandungan nutrisi dari buah berenuk ini?

Merujuk data dari berbagai sumber, buah berenuk ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Sebut saja di antaranya, karbohidrat, kalsium, vitamin A, Vitamin C, Vitamin E dan zat gizi lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

Membahas khasiat dari buah berenuk, di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, ada seorang pria yang berhasil membuktikannya. Ia, berhasil mengolah buah berenuk menjadi minuman sehat dan menyegarkan. Dia adalah Yayan Sopyan (45), warga di Kelurahan Nagri Kaler Kecamatan Purwakarta kota.

Ditemui di kediamannya, Yayan mengaku mulai menggeluti usaha olahan buah berenuk menjadi minuman segar ini sejak dua tahun lalu. Awalnya, ia hanya berpikir bagaimana menjadikan buah Berenuk ini minimalnya untuk obat dia sendiri.

"Sebenarnya, berawal dari prihatin saja karena kerap melihat buah berenuk yang berjatuhan di sebuah kebun dan dibiarkan busuk tak termanfaatkan. Dari sana timbul ide, bagaimana buah ini bisa bermanfaat," ujar Yayan kepada Liputan6.com, akhir pekan kemarin.

Yayan mengaku, saat itu muncul ide untuk membuat minuman segar dari daging sari buah berenuk yang selama ini dikatakan orang itu beracun.

Sebelum memulai mengkreasikan idenya ini, dia sempat bertanya-tanya ke ahli gizi di dinas terkait dan banyak belajar mengenai cara mengolah daging dari buah berenuk ini.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya pria yang merupakan salah satu ASN di lingkungan Dinas Pendidikan setempat itu berhasil mengolah daging dari buah berenuk ini menjadi minuman yang segar. Rasa manis bercampur sedikit asam itu, akhirnya dihasilkan dari olahan daging buah berenuk tanpa campuran apapun.

"Setelah sari buah berenuk ini siap minum, kami terlebih dahulu konsultasi ke ahli gizi untuk mencari tahu kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya, termasuk apa saja khasiatnya untuk kesehatan," jelas dia.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

Saat melihat hasilnya, Yayan pun tercengang karena ternyata minuman dari sari buah berenuk ini kaya akan manfaat. Di antaranya, bisa untuk meningkatkan kekebalan tubuh, pengobatan gangguan lambung, menurunkan tekanan darah tinggi, hingga mencegah kanker.

"Ternyata, yang dianggap sebagian kalangan mengandung racun ini sangat kaya akan manfaat. Terutama bagi kesehatan," jelas dia.

Yayan menjelaskan, hasil dari eksperimennya ini tak lantas ia pasarkan begitu saja. Awalnya, dia hanya membuat sari buah berenuk ini untuk konsumsi keluarganya saja. Khasiatnya, tentu sangat terasa. Khusunya, untuk daya tahan tubuh.

"Setelah minum itu, badan terasa enteng. Bahkan, saya yang punya penyakit maag bisa sembuh dengan hanya minum beberapa kali sari buah berenuk ini," kata dia menegaskan.

Setelah khasiatnya terasa oleh diri sendiri, dia lantas mengajak keluarga dan kerabatnya untuk mencicipi hasil olahan sari buah berenuk ini. Alhasil, beberapa kerabatnya juga merasakan khasiat yang sama, terutama untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh.

Sejak saat itulah, eksperimennya ini menjadi buah bibir di kalangan kerabat, tetangga hingga teman kantornya. Alhasil, sampai saat ini banyak yang sengaja memesan sari buah berenuk hasil olahannya itu.

"Sari buah berenuk yang sudah kita olah, itu dikemas dalam botol plastik ukuran 250 ml. Untuk yang punya keluhan penyakit, misalnya maag atau darah tinggi bisa mengonsumsinya 3 botol dalam sehari. Kalau untuk menjaga daya tahan tubuh, bisa cukup 1 botol saja," kata dia.

Ditanya apakah ada efek samping setelah meminum sari buah berenuk ini, dia menegaskan, sejauh ini tak ada efek samping yang berarti. Justru, dari pengalaman dia maupun rekan dan kerabatnya, setelah meminum sari buah berenuk ini badan menjadi segar.

Terkait bahan baku untuk pembuatan minuman tersebut, Yayan menambahkan, tidak cukup kesulitan untuk mencarinya. Karena, di kampungnya keberadaan buah berenuk ini cukup melimpah.

"Kalau buah berenuk sih banyak ya, asalkan kita mau cari ke beberapa kampung tetangga," tambah dia.

Yayan kembali menambahkan, dalam pembuatan sari buah berenuk ini tidak begitu sulit. Hanya tinggal memisahkan daging dan kulit buah berenuk. Kemudian, daging dari buah berenuk ini diolah tanpa tambahan bahan apapun.

"Cairan yang dihasilan dari olahan berenuk ini rasanya manis dan segar dan itu tidak ada campuran apapun. Dalam 10 butir buah berenuk, itu biasanya bisa jadi 8 botol sari buah berenuk siap konsumsi," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.