Sukses

Ratusan Rumah di Kota Subulussalam Aceh Rusak Diterjang Puting Beliung

Ratusan rumah warga beberapa gampong di Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Provinsi Aceh, rusak diterjang puting beliung.

 

Liputan6.com, Aceh - Ratusan rumah warga beberapa gampong di Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam Aceh, mengalami kerusakan usai diterpa angin puting beliung, Selasa sore (19/9/2023). Badan Penanggulangan Bencana Aceh menyebut, rumah yang rusak akibat angin puting beliung mencapai 101 unit.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas dalam keterangan resminya, Rabu (20/9/2023) mengatakan, angin puting beliung terjadi pada Selasa (19/9/2023) sekitar pukul 16.30 WIB, meliputi daerah Gampong Suka Makmur, Lae Oram, dan Subulussalam di Kecamatan Simpang Kiri.

Selain menyebabkan 101 rumah warga rusak sedang, ia mengatakan, angin puting beliung menyebabkan kerusakan sedang pada satu bangunan sekolah dan dua musala di wilayah kecamatan itu.

Menurut dia, bencana itu berdampak pada 61 keluarga yang terdiri atas 112 jiwa di Gampong Suka Makmur, 39 keluarga yang terdiri atas 195 jiwa di Gampong Lae Oram, dan satu keluarga yang terdiri atas lima jiwa di Gampong Subulussalam.

"Pengungsi masih dalam pendataan," kata Ilyas, menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian bencana tersebut.

Ilyas mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Subulussalam berkoordinasi dengan aparat gampong dalam mendata dampak terjangan angin puting beliung di wilayah Kecamatan Simpang Kiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.