Sukses

XODIAC, Anggun C Sasmi, dan Waldjinah Tampil Sepanggung di Istana Pura Mangkunegaran

Boyband K-Pop XODIAC, Anggun C Sasmi hingga maestro keroncong Waldjinah tampil dalam acara Persembahan dari Solo yang digelar di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu malam (17/9/2023).

Liputan6.com, Solo - Boyband K-Pop XODIAC tampil sepanggung dengan penyanyi top Anggun C Sasmi hingga maestro keroncong, Waldjinah dalam acara Persembahan dari Solo yang digelar di Pura Mangkunegaran, Solo pada Minggu (17/9/2023) malam. Acara tersebut diinisiasi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang berkolaborasi dengan Shopee Indonesia.

Saat menghadiri acara itu, Gibran mengajak istrinya Selvi Ananda serta kedua anaknya Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah. Selain itu, acara ini juga dihadiri KGPAA Mangkunegara X, putra Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Didit Hediprasetyo dan sejumlah selebritas seperti Nikita Mirzani, Awkarin, dan lainnya.

Para tamu yang hadir terlihat mengenakan busana tradisional adat Jawa. Mereka duduk di meja bundar yang ditata rapi di Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran. Selain menikmati hiburan dari artis nasional hingga luar negeri, para tamu juga mencicipi berbagai kuliner khas Mangkunegaran dalam jamuan makan malamnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

XODIAC Tersanjung

Acara tersebut dibuka dengan tarian Gambyong dan tarian Gatutkaca Dadungawuk yang dimainkan sejumlah penari dari Pura Mangkunegaran. Setelah itu dilanjutkan dengan penampilan penyanyi Fabio Asher. Ia membawakan lagu berjudul 'Rumah Singgah' yang diiringi penampilan fashion show dengan menghadirkan model Kimmy Jayanti.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan boyband K-Pop asal Negeri Ginseng, XODIAC. Namun dalam pertunjukan di acara tersebut, anggota boyband tersebut yag hadir hanya tiga personel, yakni Zayyan, Leo, dan Hyunsik. Mereka membawakan lagu berjudul 'Special Love'dalam acara budaya hasil kerja sama Pemkot Solo, Pura Mangkunegaran dan Shopee Indonesia.

Salah satu personel XODIAC yang berasal dari Indonesia, Zayyan mengaku tersanjung karena diundang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk bisa tampil di acara malam ini. Pertemuan antara Zayyan dengan Gibran bukan pertama kalinya, karena saat putra sulung berkunjung ke Korea Selatan juga sempat bertemu dan makan bakso bareng Zayyan.

"Terima kasih warga Solo, Wali Kota Solo yang sudah mengundang kami untuk tampil di Pura Mangkunegaran. Kami terkesan banget dengan trip Solo kali ini, bisa perform di acara ini. Kami sangat tersanjung," kata Zayyan XODIAC.

3 dari 3 halaman

Duet Anggun - Waldjinah

Sementara itu penyanyi top yang kini tinggal di Perancis, Anggun C Sasmi ikut unjuk gigi dalam acara pagelaran akulturasi perpaduan budaya tradisional dan modern. Sang diva mengawalinya dengan duet bersama penyanyi keroncong legendaris Tanah Air, Waldjinah. Mereka menyanyikan lagu berjudul 'Kota Solo'.

Setelah itu, Anggun C Sasmi kembali tampil untuk menyanyikan lagu andalannya yang berjudul 'Mimpi'. Para tamu undangan yang hadir tampak diajak bernostalgia dengan lagu yang yang pernah kondang di era tahun 1990-an.

Usai acara, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku puas dengan acara budaya yang berjudul Persembahan dari Solo yang digelar di Pura Mangkunegaran. Selain menghadirkan diva sekelas Anggun C Sasmi, acara itu juga turut mengundang maestro keroncong Waldjinah hingga mendatangkan Xodiac yang mewakili kalangan Gen Z.

"Jadi hari ini even yang luar biasa," kata Gibran di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (17/9/2023) malam.

Setelah kesuksesan acara itu, putra sulung Presiden Jokowi itu berjanji akan menindaklanjutinya dengan menggelar acara serupa. Gibran pun mengungkapkan acara budaya tersebut juga hasil dari kunjungan kerjanya di luar negeri beberapa waktu lalu seperti di Perancis dan Korea Selatan

"Iya-iya (akan ditindaklanjuti). Saya kalau pulang dari luar negeri itu pasti ada sesuatu lah yang saya datangkan," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini