Sukses

Jokowi Resmikan SPAM di Binjai Usai dari Afrika, Sampaikan Betapa Pentingnya Air Bersih

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, menyampaikan betapa pentingnya air bersih di masyarakat. Oleh karena itu pemerintah terus berupaya memenuhi kebutuhan tersebut.

Liputan6.com, Binjai Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, menyampaikan betapa pentingnya air bersih di masyarakat. Oleh karena itu pemerintah terus berupaya memenuhi kebutuhan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam pidatonya saat meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Medan-Binjai-Deliserdang (Mebidang) berkapasitas 1.100 liter/detik di Jalan Sibayak, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Jumat (25/8/2023).

"Setelah kemarin saya datang ke Afrika, kita sering tidak merasa betapa penting air, karena tidak pernah kekurangan air. Alhamdulillah, hari ini telah selesai SPAM Mebidang yang menelan anggaran Rp 948 miliar," kata Jokowi.

Disebutkannya, ini salah satu bentuk kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dan daerah. Sehingga pembangunan SPAM Mebidang bisa berjalan dengan baik.

"Ini kerja sama pusat, provinsi, kota, dan kabupaten. Tanahnya tanah provinsi, kalau kerja samanya baik, pembangunan akan berjalan cepat," Jokowi menuturkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Segera Salurkan ke Masyarakat

SPAM Mebidang berkapasitas 1.100 liter per detik secara resmi beroperasi. SPAM ini mampu memenuhi kebutuhan 88.000 rumah tangga di wilayah Mebidang, atau sekitar 440.000 jiwa

Peresmian SPAM Mebidang ini dilakukan langsung Presiden Republik Indonesia, Jokowi. Selanjutnya, Pemprov Sumut serta pemerintah di wilayah Mebidang akan menyalurkannya ke masyarakat.

"Ini sinergi pusat dan pemerintah daerah dalam memenuhi kebutuhan air. Pemprov Sumut menyediakan lahan, dan akan menyalurkannya ke masyarakat," kata Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Diketahui, kebutuhan air bersih untuk wilayah Mebidang sekitar 11.000 literper detik, namun selama ini baru hanya terpenuhi sekitar 7.440 liter per detik.

3 dari 3 halaman

Defisit Air Bersih Berkurang

Dikatakan Edy Rahmayadi, dengan diresmikannya SPAM baru di Binjai, maka kebutuhan air yang sudah terpenuhi menjadi 8.540 literper detik, sehingga defisit air bersih pun semakin berkurang, menjadi sekitar 2.460 liter per detik.

"Dengan diresmikannya SPAM baru di Binjai ini, kita harapkan dapat menambah pasokan air bersih ke masyarakat, khususnya Mebidang. Karena air bersih merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi," ucapnya.

Selain meresmikan SPAM di Binjai, Jokowi juga meresmikan Jembatan Aek Tano Ponggol, Samosir. Jembatan ini menghubungkan Pulau Sumatera dengan Samosir yang panjangnya 294 meter, dengan bentang utama 9 meter dan lebar 8 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini