Sukses

Tak Hanya Borobudur, Magelang Juga Miliki 5 Wisata Candi Lainnya yang Memesona

Tak heran jika candi ini banyak diincar wisatawan lokal dan mancanegara yang berlibur ke Magelang.

Liputan6.com, Magelang - Tak Hanya Borobudur, Magelang Juga Miliki 5 Wisata Candi Lainnya yang MemesonaSalah satu destinasi wisata populer yang ada di Magelang adalah Candi Borobudur. Tak hanya dikenal masyarakat lokal, Candi Borobudur juga populer di kalangan wisatawan mancanegara.

Selain indah, Candi Borobudur juga menawarkan nilai historis yang tinggi. Tak heran jika candi ini banyak diincar wisatawan lokal dan mancanegara yang berlibur ke Magelang.

Namun, ternyata Magelang tak hanya memiliki satu candi saja. Kota sejuta bunga ini juga memiliki beberapa destinasi wisata candi yang lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur.
Mengutip dari berbagai sumber, berikut lima wisata candi Magelang selain Candi Borobudur:

1. Candi Mendut

Candi Mendut berlokasi di Jalan Mayor Kusen, Sumberrejo, Mendut, Kecamatan Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Candi Mendut diduga berusia lebih tua dari Candi Borobudur.

Candi ini memiliki denah dasar berbentuk segi empat berukuran 10x10 meter. Tinggi bangunan candi sekitar 13,3 meter. Pada bagian dindingnya terdapat relief tokoh binatang, seperti Brahmana, kepiting, hingga dua burung betet.

2. Candi Ngawen

Candi Ngawen berada di Desa Ngawen, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Konon, Candi Ngawen dibangun pada abad 9-10 Masehi.

Candi bercorak Buddha ini terdiri dari lima candi berderet. Saat berkunjung ke sini, pengunjung akan melihat empat patung singa di setiap sudut candi II dan candi IV. Candi ini dikelilingi persawahan dan pemukiman penduduk, sehingga menawarkan suasana yang sejuk dan asri.

3. Candi Pawon

Candi Pawon berlokasi di Brojonalan, Dusun 1, Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Konon, bangunan candi ini dibangun pada abad 8-9 Masehi sebagai tempat penyimpanan abu jenazah Raja Indra.

Para ahli berpendapat bahwa Candi Pawon merupakan pintu gerbang Candi Borobudur. Artinya, Candi Pawon yang merupakan salah satu wisata Magelang ini dipercaya sebagai tempat umat membersihkan badan dan pikirannya dari kekotoran batin sebelum masuk ke Candi Borobudur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Candi Selogriyo

4. Candi Selogriyo

Candi Selogriyo berada di hutan, tepatnya di Kecamatan Windusari, Magelang, Jawa Tengah. Candi Selogriyo merupakan candi peninggalan masa Hindu sekitar abad ke-9. Hal itu ditandai dengan arah hadap pintu ke timur hingga arca Ganesha.

Karena letaknya berada di tengah hutan, pengunjung akan disuguhi panorama alam berupa perbukitan dan terasering persawahan yang indah. Candi ini sangat cocok dikunjungi oleh wisatawan yang memiliki hobi trekking.

5. Candi Umbul

Candi Umbul berlokasi di Jalan Candi Umbul, Perkebunan, Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Magelang, Jawa Tengah. Berbeda dengan candi lainnya, Candi Umbul merupakan situs pemandian air hangat peninggalan kerajaan Dinasti Syailendra.

Situs Candi Umbul memiliki dua kolam berbentuk persegi panjang dengan ukuran berbeda. Bagian dinding kolam terbuat dari batu andesit. Berlibur ke Candi Umbul bisa menjadi alternatif untuk melepas penat dengan berendam air panas sambil menikmati asrinya suasana desa.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini