Sukses

Es Tape Ketan dan Nasi Merah Putih, Kuliner Unik Khas Pati Meriahkan HUT ke-78 RI

Di Kabupaten Pati, Jawa Tengah ada salah satu kedai yang menyajikan menu khas Pati, yakni sambal ikan dan minumannya pun khas tradisional, yaitu es tape ketan. Uniknya, es tape dan nasinya serba merah putih yang sengaja diciptakan pemilik kedai untuk menyambut HUT ke-78 RI.

Liputan6.com, Pati - Di Kabupaten Pati, Jawa Tengah ada salah satu kedai yang menyajikan menu khas Pati, yakni sambal ikan dan minumannya pun khas tradisional, yaitu es tape ketan. Uniknya, es tape dan nasinya serba merah putih yang sengaja diciptakan pemilik kedai untuk menyambut HUT ke-78 RI.

Di kedai Sambel Pee Simbok yang berada di Jalan Penjawi Kota Pati ini, disajikan kuliner khas pesisir utara Kabupaten Pati. Tempat makan tersebut menyajikan sambal dan ikan ditambah tempe tahu dan lalapan.

Saat cuaca panas pada musim kemarau, tentu menu kuliner pedas dan segar bisa menjadi pilihan yang pas. Setelah ikan, tahu tempe selesai digoreng kemudian disiapkan nasinya. Ternyata nasi yang disajikan adalah perpaduan nasi putih dan merah.

Sajian spesial ini dilakukan Diah, pemilik kedai warung tersebut, saat menyambut HUT ke-78 RI. Tidak disangka ternyata banyak pengunjung yang tertarik dan memesan kuliner serba merah putih plus sambal, tahu tempe serta lalapan.

Sedangkan untuk menu minuman segarnya adalah es tape ketan. Minuman ini sangat cocok diminum saat cuaca panas sembari menyantap makanan pedas.

Proses membuatnya pun cukup mudah, yakni tape ketan warna putih dimasukkan gelas, kemudian ditambah tape ketan warna merah dan dicampur es, agar menambah kesegaran minuman yang disajikan.

"Untuk minumannya es tapai ketan, bikinan sendiri asli gula tanpa campuran, cuman saya pakai pewarna makanan warna merah dan putih untuk makan minum serasi," terang Diah yang ditemui Rabu (16/8/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejak 2018

Diah yang telah membuka warung makan sejak tahun 2018 ini, mematok makanan sambal ikan per satu porsi Rp15 ribu. Sedangkan, es tapenya Rp5 ribu per porsi.

Sementara itu, salah satu pengunjung Kedai Pee Simbok, Dina, mengaku kaget, ketika ada menu nasi dan es tape serba merah putih.  Ia mengapresiasi kreasi pemilik Kedai Sambel Pee Simbok dengan sajian menu merah putih kali ini.

Dina sengaja mendatangi kedai makan dengan menu spesial tersebut dari media sosial. Ia pun akhirnya tertarik mencicipinya.

"Kemarin ada di medsos, ada warung makan ikut merayakan, tidak sengaja ke sini, rasanya enak banget, makannya enak, adem, sukanya ikut merayakan tentang kemerdekaan," imbuh Dina.

 (Arief Pramono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini