Sukses

Banyak yang Salah Paham, Ternyata ini Bedanya Nasi Kapau dan Nasi Padang

Kedua hidangan yang populer di kalangangan masyarakat Indonesia itu memiliki beragam perbedaan.

Liputan6.com, Padang - Nasi padang memang tak diragukan lagi eksistensinya, hampir di seluruh penjuru Indonesia terdapat warung nasi padang. Namun banyak juga masyarakat yang keliru menyebut nasi kapau juga nama lain dari nasi padang.

Padahal anggapan itu keliru, kedua hidangan yang populer di kalangangan masyarakat Indonesia itu memiliki beragam perbedaan. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengetahui perbedaan Nasi Kapau dengan Nasi Padang sebelum mencicipi kedua hidangan itu.

Berikut perbedaan nasi padang dan nasi kapau seperti yang dirangkum tim Liputan6.com:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Daerah Asal

Nasi Kapau merupakan kuliner yang berasal dari Nagari Kapau, Kabupaten Agam. Sementara Nasi Padang adalah kuliner yang dibuat oleh orang-orang Minangkabau yang ada di Sumatera Barat.

 

 

3 dari 6 halaman

Cara Peletakan Lauk Pauk

Sambal Nasi Kapau diletakkan secara bertingakat diatas papan kayu atau sejenisnya yang dibuat mirip dengan anak tangga. Sementara itu sambal Nasi Padang diletakan di rumah makan yang disusun bertingkat di atas piring.

 

4 dari 6 halaman

Orang yang Menyajikan

Perbedaan yang selanjutnya juga terdapat pada orang yang menjayikannya, Nasi Kapau biasanya disajikan didominasi oleh Uni-Uni. Sementara Nasi Padang disajikan baik laki-laki maupun perempuan.

 

 

 
5 dari 6 halaman

Jenis Lauk

Gulai tambusu hanya akan Anda temui di Nasi Kapau. Gulai tambusu merupakan gulai yang terbuat dari usus sapi yang diisi dengan adonan telur dan tahu yang sudah diberi bumbu kemudian dimasak dengan kuah santan.

6 dari 6 halaman

Nama yang Digunakan untuk Rumah Makan

Perbedaan selanjutnya terletak pada nama rumah makan atau warung yang menjualnya, Nasi Kapau umumnya diberi nama sesuai dengan nama pendirinya dan mengawalinya dengan sebutan Uni (pangilan kepada perempuan yang lebih tua di Minangkabau), seperti Nasi Kapau Ni Pit dan Nasi Kapau Ni Er, Nasi Kapau Uni Lis.

Sementara itu untuk nama tempat Nasi Padang diberi nama yang lebih umum seperti misalnya rumah makan Simpang Raya atau Rumah Makan Padang Sederhana.

Perlu Anda ketahui, Nasi Kapau akan terasa lebih nikmat apabila disantap di Los Lambuang yang berada di Pasa Lereng, Kota Bukittingi. Los Lambuang sendiri diartikan sebagai lorong lambung atau sebagai area pemuas lambung. Kota yang terkenal dengan iconya Jam Gadang ini memang disebut sebagai surganya kuliner terutama Nasi Kapau.

Itulah beberapa perbedaan yang sangat menonjol antara Nasi Padang dan Nasi Kapau yang perlu Anda ketahui. Mulai sekarang jangan sampai salah dan keliru lagi untuk membedakan kedua kuliner populer asal Sumatera Barat itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini