Sukses

Beri Diskon Kemerdekaan, Pemasukan Pajak Kota Tangerang Capai Rp 4,2 Miliar Hanya dalam Dua Hari

Jelang perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangerang memberikan diskon pajak untuk masyarakat.

Liputan6.com, Tangerang - Menjelang perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangerang memberikan diskon pajak untuk masyarakat di wilayahnya. Tak tanggung-tanggung, memasuki hari ke tiga pelaksanaannya, pemasukan dari pembayaran PBB-P2 saja, sudah mencapai Rp 4,2 miliar.

Diketahui, diskon yang diberikan yaitu terutang pembayaran Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 1994-2014 sebesar 50 persen. Serta pembebasan denda atau sanksi PBB-P2 sejak tahun 1994-2022. 

"Lalu, diskon Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) untuk program sertifikat Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona), Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), dan Pendaftaran Tanah Kota Lengkap (PTKL) sebesar 25 persen," ungkap Kepala Bapenda Kota Tangerang, Kiki Wibawa, Kamis (3/8/2023).

Tercatat pada pelaksanaan hari pertama atau pada 1 Agustus sudah Rp 2 miliar yang masuk. Kemudian hari kedua atau 2 Agustus 2023, lebih tinggi yakni Rp 2,1 miliar.

Menurut Kiki, diskon spesial kemerdekaan masih akan berlangsung hingga tanggal 31 Agustus mendatang. Dengan begitu, dia mengimbau seluruh wajib pajak atau sobat pajak untuk segera memanfaatkan program ini, baik melalui pembayaran offline, di seluruh kelurahan terjadwal maupun secara online. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembayaran Online dan Offline

"Pembayaran online dapat diakses melalui aplikasi BJB Digi, Bukalapak, QRIS, Tokopedia, Blibli, OVO, Gopay dan LinkAja. Sedangkan selain gerai kelurahan juga bisa dilakukan di seluruh konter Bank BJB, Kantor Pos, Alfamart atau pun Indomaret," jelas Kiki. 

Menurutnya, di bulan pertama triwulan III yakni Juli realisasi pendapatan daerah yang diraih pada PBB-P2 sudah mencapai Rp 353 miliar sedangkan BPHTB pada angka Rp 272 miliar. Sedangkan sejak diskon spesial kemerdekaan  dilangsungkan selama dua hari, realisasi PPB-P2 yang masuk mencapai Rp 4,2 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.