Sukses

Kisah Inspiratif 2 Mahasiswi Lulusan Terbaik Universitas Brawijaya, Deretan Prestasinya Mentereng

Dua mahasiswi Universitas Brawijaya, Azzara Aji Syahputri dan Alfatea Pintari Rahmi dinyatakan sebagai lulusan terbaik wisudawan universitas yang berlokasi di Malang, Jawa Timur itu.

Liputan6.com, Jakarta - Kisah dua mahasiswi Universitas Brawijaya, Azzara Aji Syahputri dan Alfatea Pintari Rahmi menjadi inspirasi. Baru-baru ini keduanya dinyatakan sebagai lulusan terbaik wisudawan universitas yang berlokasi di Malang, Jawa Timur itu.

Azzara Aji Syahputri tidak menyangka dirinya meraih IPK tertinggi pada wisuda Sabtu (15/7/2023), yakni 3,97. Bahkan, saat ini Azzara telah dinyatakan diterima di dua perusahaan Jepang, yakni Niterra dan Kubota sebagai software engineer.

"Alhamdulillah, Masyaallah Tabarakallah saya sangat bersyukur lulus dengan IPK tinggi dan beberapa waktu lalu berkesempatan diundang empat perusahaan besar di Jepang untuk interview, dan dinyatakan diterima di dua perusahaan," kata Azzara dikutip dari laman resmi UB.

Mahasiswi Fakultas Ilmu Komputer ini akan mulai bekerja dan menetap di Jepang pada awal 2024. Sambil menunggu waktu keberangkatannya, Azzara saat ini bekerja sebagai mentor machine learning pada Bangkit Academy 2023 sembari mengerjakan project IT seperti membuat situs web untuk klien.

Pencapaian Azzara tidak terlepas dari keaktifannya mengembangkan soft skill selama kuliah. Ia mengikuti program merdeka belajar dengan menjadi Machine Learning Student pada Bangkit Academy 2022.

Dari sana dia belajar mengenai pembelajaran mesin dan mendapatkan sertifikasi global dari Google yaitu TensorFlow Developer Certification, yang membuatnya saat ini menjadi mentor di instansi tersebut.

"Saat kuliah saya juga memberanikan diri bergabung dalam Eksekutif Mahasiswa. Di sana saya melatih dan mengembangkan soft skill seperti manajemen waktu, public speaking, kepemimpinan, dan kerja sama," cerita mahasiswi Teknik Informatika ini.

Anak pertama dari dua bersaudara ini juga pernah terpilih menjadi Head of External Affairs Google Developer Student Club UB, dan menjadi asisten praktikum untuk mata kuliah Basis Data serta mengajarkan ilmu basis data kepada adik tingkat setiap jam praktikum.

"Setelah menjadi software engineer nanti, saya ingin membuat aplikasi yang bermanfaat bagi perusahaan maupun masyarakat luas dengan memanfaatkan machine learning," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Senang Mengikuti Organisasi dan Perlombaan

Sama halnya dengan Azzara, mahasiswi Fakultas Kedokteran (FK) Alfatea Pintari Rahmi, peraih IPK 3,96 yang juga diwisuda pada hari yang sama ini mengaku senang mengikuti organisasi dan berbagai perlombaan.

Alfatea tercatat menjuarai berbagai lomba, di antaranya 3rd Best Oral Presentation Award Brawijaya Medical Conference 2023, Juara 1 Poster Edukasi Kesehatan Ramadhan Forsis RSSA 2023, Juara 3 Poster Publik METRIC CIMSA UI 2022, serta menjadi finalis pada Olimpiade World Lupus Day Indonesia 2023, dan berbagai perlombaan lainnya.

Alfatea juga berkesempatan menjadi bagian dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter (HMPD) sebagai staf ahli bidang Penalaran Akademik dan Keilmuan, serta menjadi tentor study club di FK.

"Dengan mengikuti organisasi dan perlombaan, saya bertemu banyak teman satu perjuangan yang penuh semangat dan guru-guru yang hebat. Saya belajar banyak tentang menang-kalah dan berhasil-gagal, serta mendapat berbagai kesempatan untuk menggali potensi dan meningkatkan kepercayaan diri," ujar mahasiswi asli Pangkalpinang ini.

Setelah dinyatakan lulus, Alfatea akan melanjutkan pendidikan profesi dokter di RSSA, dan ke depannya bercita-cita menjadi dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi.

"Saya tertarik dengan ilmu obgynsos atau fertilitas dan endokrinologi reproduksi, karena kebutuhan dokter obgyn di indonesia masih salah satu yang terbesar dan saya juga berencana ingin kembali ke daerah," ujar Alfatea.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.