Sukses

Profil Jane Birkin Meninggal Dunia pada Usia 76 Tahun, Sosok Aktris yang Menginsprasi Tas Ikonis Hermes

Aktris dan penyanyi ikonis Jane Birkin dikabarkan meninggal dunia di usia 76 tahun diduga karena masalah kesehatan yang dideritanya.

Liputan6.com, Bandung - Aktris dan penyanyi asal Inggris Jane Birkin dikabarkan meninggal dunia di Paris pada Minggu (16/7/2023). Ia meninggal dunia pada usia 76 tahun dan merupakan aktris legendaris yang menjadi inspirasi brand bergengsi Hermes untuk membuat tas ikonik dengan namanya.

Kabar duka Jane Birkin diberitakan melalui New York Post yang mendapatkan berita dari Kementerian Budaya Prancis. Pada Senin, media melaporkan jika Jane Birkin ditemukan telah meninggal dunia di rumahnya di Paris.

Adapun Birkin diketahui meninggal dunia karena masalah kesehatannya selama beberapa tahun terakhir. Sehingga Jane Birkin juga jarang muncul di acara-acara publik dan pertunjukan panggung.

Jane tidak hanya dikenal sebagai aktris dan penyanyi saja namun salah satu ikon yang sangat dibanggakan di Prancis. Bahkan, Presiden Prancis Emmanuel Macron turut mengunggah kepergian sang aktris tersebut di media sosial Twitternya.

Karena dia mewujudkan kebebasan, karena dia menyanyikan kata-kata terindah dalam bahasa kita, Jane Birkin adalah ikon Prancis. Seorang seniman yang lengkap, suaranya semanis pertunangannya yang berapi-api. Dia mewariskan kita lagu dan gambar yang tidak akan pernah meninggalkan kita,” tulis Presiden Prancis dalam akunnya @EmmanuelMacron.

Ia juga dikenal sebagai salah satu aktris yang menjadi inspirasi salah satu tas brand mewah dunia yaitu Hermes. Tas yang dirilis di tahun 80-an ini adalah ide dari Jane dan head designer Hermes Jean-Louis Dumas.

Tasnya bahkan diberi nama dengan nama belakang Jane yaitu Hermes Birkin yang sekarang sangat terkenal dan mahal. Satu buah tas Hermes Birkin disebut sebagai tas tangan termahal di dunia bias mencapai miliaran rupiah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil Jane Birkin

Jane Birkin mempunyai nama lengkap Jane Mallory Birkin yang dikenal sebagai aktris dan penyanyi kelahiran Inggris. Ia lahir pada tanggal 14 Desember 1946 di Marylebone, London, Inggris.

Aktris dan penyanyi ikonik ini merupakan anak dari pasangan Judy Campbell seorang aktris panggung dan ayahnya David Birkin adalah seorang komandan angkatan laut. Ia memulai karier sebagai aktris pada tahun 1966.

Ia juga dikenal di seluruh dunia terutama karya kolaborasinya dengan Serge Gainsbourg yang sukses selama sepuluh tahun. Tidak hanya itu ia mempunyai karier yang sangat cemerlang dan sukses sebagai aktor terutama di Prancis.

Beberapa film terkenal yang pernah diperankan oleh Jane Birkin diantaranya adalah La Piscine, Blow-Up, Evil Under the Sun, dan Don Juan. Ia bahkan pernah mendapatkan penghargaan Cesar di tahun 1992 melalui aktingnya di film La Belle Noiseuse.

Jane menikah dengan John Barry namun hubungannya tidak bertahan lama dan berpisah di tahun 1968. Ia juga dekat dengan beberapa orang diantaranya Serge Gainsbourg, Jacques Doillon dan Oliver Rolin.

Birkin mempunyai tiga orang putri dari beberapa pasangannya yaitu Kate Barry anaknya dengan John Barry, Charlotte Gainsbourg anaknya dengan Serge Gainsbourg, dan Lou Doillon anaknya dengan Jacques Doillon.

Seperti ibunya anak-anak dari Jane Birkin pun berkarier dalam dunia seni seperti Kate Barry yang menjadi fotografer profesional, Charlotte Gainsbourg yang menjadi aktris dan penyanyi, serta Lou Doillon yang berkarier menjadi model dan penyanyi.

Jane Birkin meninggal dunia di usia 76 tahun pada tanggal 16 Juli 2023 di rumahnya diduga karena kondisi kesehatannya. Adapun ia dikenal sebagai sosok ikonik dalam dunia seni dan budaya sehingga dihormati banyak orang terutama sebagai orang Inggris yang dihormati di Paris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.