Sukses

Kementerian PUPR dan Telkomsel Perkuat Digitalisasi melalui Penggunaan Teknologi Geospasial

Kementerian PUPR dan Telkomsel dinilai telah mendorong transformasi digital di Indonesia ke level baru, melalui penggunaan teknologi geospasial yang inovatif.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) dan Telkomsel dinilai telah mendorong transformasi digital di Indonesia ke level baru, melalui penggunaan teknologi geospasial (pemetaan cerdas) yang inovatif.

Keduanya merintis optimalisasi data dengan dukungan teknologi pemetaan digital, yang merampingkan dan memperluas akses data lintas tim untuk membentuk alur kerja yang efisien.

Atas pencapaian ini, Kementerian PUPR dan Telkomsel mendapatkan Esri SAG Award - penghargaan khusus atas pengunaan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) dipilih dari ratusan ribu organisasi di seluruh dunia – pada acara Esri User Conference yang berlangsung di San Diego, Amerika Serikat.

Esri sendiri merupakan penyedia teknologi SIG, yang memungkinkan pemerintah atau entitas perusahaan memanfaatkan analisis data berbasis lokasi, untuk mendorong efisiensi operasional dan memfasilitasi pengambilan keputusan berdasarkan data dan bukti.

“Optimalisasi data menjadi prioritas pemerintah dan pelaku bisnis di era digital. Kementerian PUPR dan Telkomsel menjadi dua institusi terdepan dalam pemanfaatan teknologi geospasial, untuk kepentingan pelayanan publik,” ujar Presiden Direktur Esri Indonesia, Leslie Wong, Sabtu (15/7/2023).

Menurut Leslie, pemetaan layer data yang divisualisasikan dengan analisis lokasi pada peta digital memungkinkan tim pekerja teknis dan non-teknis melakukan percakapan, yang belum dijelajahi sebelumnya. Rangkaian ini membangun alur kerja baru yang menghemat waktu dan sumber daya.

“Kementerian PUPR dan Telkomsel menetapkan tolak ukur tertinggi dimasa depan, bagaimana data diintegrasikan untuk memenuhi tujuan dalam format yang lebih transparan dan mudah dipahami. Mereka unggul dalam memimpin transformasi digital di Indonesia melalui inovasi di pemerintahan, bidang telekomunikasi, dan bidang konstruksi,” ujarnya.

"Kemampuan mencatat dan memprediksi berdasarkan satu sumber data terpercaya secara real-time merupakan bagian yang tak terpisahkan dari manajemen proyek sehingga mampu mengintegrasikan pekerjaan sektoral. Hasil dari visualisasi data yang dibuat ini adalah membuat solusi dengan koordinasi yang lebih baik dan tepat waktu," ucap Khairul Amri, Solution Strategist Manager Esri Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Secara Real Time

Kementerian PUPR melakukan inovasi dengan mengembangkan peta yang menggunakan teknologi SIG dan teknologi Building Information Management (BIM) sebagai sumber kebenaran tunggal.

Platform ini berhasil memantau lebih dari 70 proyek, mulai dari jalan, bendungan, dan gedung, serta pembangunan Ibu Kota Baru (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Pemangku kepentingan termasuk kontraktor, pemilik proyek, manajemen dan pemerintah dapat memanfaatkan platform ini untuk memastikan perkembangan proyek secara real time, sehingga kolaborasi dapat berjalan dengan mulus di seluruh Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah mengatakan, di masa lalu sektor konstruksi menghadapi tantangan besar dengan keberadaan data yang terkotak-kotak dan pengelolaan file kompleks. Hal ini menghambat proses kolaborasi dan mengganggu produktivitas.

“Kementerian PUPR mencurahkan energi untuk pendekatan inovatif ini sehingga kita bisa memanfaatkan teknologi geospasial, yang memungkinkan terbangunnya lingkungan data yang saling terhubung. Platform ini meningkatkan alur kerja di lintas departemen dan memungkinkan kami berkolaborasi sebagai tim dalam pengembangan IKN,” katanya.

“Kami berterima kasih atas apresiasi Esri SAG Award yang menunjukan komitmen Telkomsel untuk selalu berinovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Ke depan, Telkomsel akan terus mengembangkan cakupan layanan digital melalui pemanfaatan advanced analytics termasuk teknologi geospatial," kata Vice President Advanced Analytics and Growth Marketing Telkomsel Hardika Nugroho.

Telkomsel kata dia saat ini telah melayani lebih dari 151 juta pelanggan yang tersebar hingga ke wilayah terdalam dan terluar Indonesia dengan dukungan lebih dari 258 ribu BTS. Penghargaan ini sekaligus menunjukkan kontribusi Kementerian PUPR Kementerian dan Telkomsel sebagai pembuka jalan dalam mengadopsi analitik lokasi di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.