Sukses

Jadwal dan Ragam Acara Grebeg Asmari 4-6 Agustus 2023, Nostalgia Generasi Putih Abu-Abu di Purwokerto

Sosialisasi keberadaan PAKJ sebagai wadah silaturahmi antar alumni SMA Negeri Purwokerto harus terus digaungkan

Liputan6.com, Purwokerto - Pengurus Pusat Paguyuban Asmari Kertajaya (PP PAKJ) siap menggelar berragam acara untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2023. Acara tersebut adalah Grebeg Asmari dan digelar selama tiga hari sejak Jumat, 4 Agustus hingga Ahad, 6 Agustus 2023.

Cris Kuntadi, selaku Ketua Umum PP PAKJ di Jakarta mengatakan, sosialisasi keberadaan PAKJ sebagai wadah silaturahmi antar alumni SMA Negeri Purwokerto harus terus digaungkan. Apalagi saat ini jumlah SMA Negeri di kota kripik telah bertambah.

Dia menjelaskan, rangkaian kegiatan Grebeg Asmari dimulai pada Jumat, 4 Agustus sejak pukul 07.30 – 16.00. Pada hari pertama itu kegiatan akan dilaksanakan dengan melakukan silaturahmi dan ramah tamah dengan pihak sekolah dan Ikatan Alumninya masing-masing dari SMA Negeri 1 hingga SMA Negeri 5 Purwokerto.

"Salah satu yang penting saat Grebeg hari pertama ini adalah pemberian cinderamata kepada sekolah berupa bibit durian Bawor dan paket Compos Bag," kata Cris, yang juga mantan Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan tersebut.

Selanjutnya pada Grebeg hari kedua digelar acara Mlaku-mlaku Bareng Asmari, tepatnya pada Sabtu, 5 Agustus 2023 dan berlangsung pada pukul 06.00 – 09.00 WIB dengan lokasi di lapangan SMA Negeri 2 Purwokerto.

Diharapkan, kegiatan ini akan melibatkan sekitar 800 partisipan yang terdiri dari para penasihat dan sesepuh Asmari, Pengurus, Perwakilan gerbong 1 sampai dengan gerbong 13, satuan wilayah Asmari, para guru dan keluarganya serta para siswa-siswi SMA Negeri 1 s/d 5 serta perwakilan ikatan alumni masing-masing sekolah.

Yang menarik, Cris menyebutkan pula bahwa akan ditampilkan pula marching band dari Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan RI yaitu Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal, Kentongan, dan Barongsai. Acara ini akan menempuh jarak sejauh 3,5 kilometer dengan rute sebagai berikut: Start/Finish SMA N 2 Purwokerto à Jl Jend Gatot Subroto à SMA N 1 à Tugu Pembangunan à Jl Merdeka à Jl Jend Sudirman à Alun-Alun Purwokerto à Jl Masjid à Jl Jend Gatot Subroto.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puncak Grebeg Asmari

Adapun Grebeg Asmari digelar seusai acara mlaku-mlaku bareng Asmari dari pukul 09.30 – 15.00 di Lapangan SMA Negeri 2 Purwokerto dengan acara seremonial, doorprizing, bazaar UMKM dan kegiatan hiburan yang akan diisi oleh para siswa dan alumni.  Pada malam harinya PP PAKJ akan sowan dengan jajaran pemerintahan Kabupaten Banyumas, bertempat di Pendopo Si Panji, Purwokerto.

Hari terakhir Grebeg Asmari yaitu pada Ahad, 6 Agustus 2023 akan digelar Sunday Fun Day Xkool Xpo 2023 masih di tempat yang sama yaitu Lapangan SMA Negeri 2 Purwokerto. Bentuknya adalah lomba keakraban antar siswa-siswi SMA Negeri 1 hingga SMA Negeri 5 yang diakhiri dengan hiburan. Pada hari terakhir ini juga akan digelar Offroad Safari Adventure di Lokawisata Baturaden mulai pukul 07.00 – 14.00 dengan peserta para pengurus PP PAKJ dengan rute Start –> Palawi –> Kebun Raya –> Trek Serang –> Jembatan Kaca Selfie Safari (Safari 2 Sky) –> Titik 0 Pendakian –> Track Offroad –> Finish di Saung Kejo.

Disampaikan juga oleh Cris Kuntadi bahwa guna mengembangkan semangat kewirausahaan masyarakat, digelar pula selama dua hari Bazaar UMKM Pasar Asmari yang dilaksanakan selama dua hari yaitu pada Sabtu-Minggu, 5-6 Agustus 2023 yang diikuti oleh 30 tenant baik dari alumni, siswa-siswi maupun masyarakat umum.

"Diharapkan dengan adanya rangkaian kegiatan selama tiga hari ini maka Paguyuban Asmari akan dirasakan manfaatnya oleh warga masyarakat Kabupaten Banyumas, khususnya yang berdomisili di Kota Purwokerto," ucap dia.

Rangkaian kegiatan Grebeg Asmari ini akan diisi juga dengan sosialisasi sekolah-sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan, yaitu Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Jawa Tengah dan sosialisasi keselamatan transportasi darat dari BPTD Jawa Tengah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.