Sukses

5 Fakta Menarik Transfer Dominik Szoboszlai ke Liverpool

Newcastle juga dikatakan telah menyatakan minatnya pada Szoboszlai, tetapi berbagai laporan menunjukkan bahwa tujuan pilihannya adalah Anfield daripada St James 'Park.

Liputan6.com, Jakarta - Dominik Szoboszlai, pemain Timnas Hungaria baru saja ditransfer dari RB Leipzig ke Liverpool. The Reds mengontrak Szoboszlai dari RB Leipzig dengan bayaran £60 juta, menjadikannya tambahan baru kedua Liverpool di jendela musim panas setelah Alexis Mac Allister.

Szoboszlai menyelesaikan tes medisnya di Merseyside setelah Liverpool mengaktifkan klausul rilis £60 juta pada Jumat pekan lalu.

Dengan penandatanganannya secara resmi diumumkan, pemain Hungaria itu akan mengenakan kaus nomor 8 yang dikosongkan oleh Naby Keita musim panas ini.

Newcastle juga dikatakan telah menyatakan minatnya pada Szoboszlai, tetapi berbagai laporan menunjukkan bahwa tujuan pilihannya adalah Anfield daripada St James 'Park.

Szoboszlai adalah produk dari sistem pengembangan pemain muda di klub Austria Red Bull Salzburg. Dia melakukan debut profesionalnya untuk klub saudara mereka, FC Liefering, pada Juli 2017 dan mencetak 33 runout dan 10 gol selama kampanye.

Szoboszlai dikenal dengan posisi gelandang serangnya dan telah mencetak beberapa gol sepanjang kariernya. Dia juga kapten tim nasional Hungaria.

Masih harus dilihat bagaimana Szoboszlai akan masuk ke dalam skuad Liverpool dan bagaimana dia akan tampil di Liga Premier.

Namun, rekam jejaknya yang mengesankan dan investasi finansial yang signifikan yang dilakukan oleh Liverpool menunjukkan bahwa dia akan menjadi pemain penting bagi klub ini pada musim mendatang.

Berikut adalah lima fakta menarik di balik transfer Dominik Szoboszlai ke Liverpool:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Fakta

1. Szoboszlai adalah rekrutan kedua Liverpool di bursa transfer musim panas, menyusul kedatangan Alexis Mac Allister dari Brighton.

2. Ia akan mengenakan nomor punggung 8, yang sebelumnya dikenakan oleh legenda Liverpool Steven Gerrard.

3. Szoboszlai adalah pemenang banyak liga dan piala, setelah membantu Red Bull Salzburg meraih gelar ganda liga dan piala Austria pada 2018-19 dan 2019-20, dengan penampilannya selama musim kedua membuatnya mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik Bundesliga Austria.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Liverpool harus mengaktifkan klausul rilis Szoboszlai senilai £60 juta dalam kontraknya dengan RB Leipzig, yang berakhir pada 30 Juni, untuk mengamankan transfernya.

5. Szoboszlai adalah rekan satu tim dengan Erling Haaland di Red Bull Salzburg sebelum Szoboszlai pindah ke RB Leipzig, di mana mereka berdua mengembangkan ikatan yang erat.

Duo ini sama-sama membuat debut Liga Champions mereka dalam pertandingan yang sama melawan KRC Genk dan keduanya mencetak gol dalam kemenangan 6-2 untuk Salzburg.

Namun kemudian, dari rekan satu tim, mereka menjadi pesaing. Haaland bergabung dengan Borussia Dortmund pada 2020, dan Szoboszlai bergabung dengan RB Leipzig pada 2021, mengikuti teman lamanya ke Bundesliga, di mana mereka hanya bertemu sekali ketika RB Leipzig mengalahkan Dortmund 4-1.

Di Liga Champions musim lalu, Haaland-lah yang mengalahkan Szoboszlai, meskipun Manchester City mengalahkan RB Leipzig dengan cara yang tegas di babak 16 besar dengan kemenangan 7-0.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini