Sukses

Dari Rendang hingga Nasi Kebuli, Ini 6 Menu Olahan Daging Favorit untuk Idul Adha

Ketupat dan opor ayam memang seolah jadi teman setia sejak lama. Namun, masih ada beberapa menu pilihan lainnya yang juga menjadi favorit saat Idul Adha.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran Idul Adha identik dengan berbagai menu olahan daging. Daging ayam untuk oper sudah pasti, tapi di samping itu masih banyak menu favorit Idul Adha lainnya yang bisa dijadikan pilihan. Yuk intip!

Ketupat dan opor ayam memang seolah jadi teman setia sejak lama. Kedua menu ini memang sering muncul saat Lebaran datang, baik Idul Fitri maupun Idul Adha.

Selain opor, masih ada beberapa menu pilihan lainnya yang juga menjadi favorit saat Idul Adha datang. Anda yang masih bingung memilih menu untuk disantap bersama keluarga nanti, berikut adalah beberapa rekomendasi menu olahan daging favorit Idul Adha.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 Menu Olahan Daging Favorit untuk Idul Adha

1. Rendang

Makanan khas Padang ini menjadi salah satu menu favorit untuk Idul Adha. Kombinasi bumbu rempahnya yang pekat, memang paling cocok disantap bersama ketupat.

Selain menggunakan daging, rendang juga bisa dibuat dengan menggunakan paru sapi, lho. Dan rasanya juga tak kalah nikmatnya.

2. Gulai

Hidangan yang juga berasal dari Sumatera ini juga dibuat dengan berbagai rempah yang membuat rasanya menjadi gurih memikat. Makanan yang mendapat pengaruh dari hidangan India ini juga cocok disantap bersama ketupat.

Selain gulai, ada juga gule dari Jawa. Biasanya, kuah hidangan yang satu ini tidak terlalu kental dan tidak segurih gulai. Meski begitu, gulai juga cocok menemani beberapa potong ketupat di piring saji.

3. Sop daging

Jika tak ingin makanan bersantan, Anda bisa membuat sop daging saat Idul Adha nanti. Hidangan berkuah yang satu ini juga cukup mudah dibuat dan rasanya tak kalah nikmat.

Selain itu, sop daging juga mengandung berbagai jenis sayuran yang membuatnya menjadi lebih sehat.

 

4. Semur

Selain sop daging, Anda juga bisa memilih semur untuk hidangan Idul Adha nanti. Makanan yang satu ini juga tak mengandung santan, tetapi kombinasi rasa manis dan gurih membuatnya cocok menjadi salah satu hidangan istimewa di hari Lebaran.

Anda bisa menggunakan daging sapi, daging ayam, atau kambing untuk membuat semur nanti.

5. Rawon

Hidangan istimewa Idul Adha lain yang juga tidak mengandung santan adalah rawon. Makanan khas Jawa Timur ini memang hitam, tetapi rasanya tak perlu ditanya.

Rawon merupakan olahan daging dengan menggunakan berbagai rempah, namun utamanya adalah kluwek yang membuat warnanya menjadi hitam pekat. Meski begitu, konon rawon merupakan makanan favorit raja-raja di zaman dulu.

Tidak heran jika sampai sekarang, menu ini menjadi salah satu yang istimewa. Jangan lupa untuk menyajikannya bersama telur asin, taoge, dan sambal terasi, ya!

6. Nasi Kebuli

Hidangan asal Timur Tengah ini juga menjadi salah satu yang juga digemari saat Idul Adha. Rasanya yang unik dan gurih, cocok dijadikan hidangan istimewa untuk disantap bersama keluarga.

Biasanya, nasi kebuli dibuat dengan menggunakan kaldu kambing serta berbagai rempat seperti bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkeh, ketumbar, jintan, pala, kapulaga, kayu manis, serta minyak samin. Selain daging kambing, yang membuat rasanya begitu khas adalah taburan kismis di atasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.