Sukses

Daftar 6 Tanaman Pengusir Tikus, Rumah Bebas Hama Meresahkan

Daun mint adalah salah satu tanaman yang cukup efektif mengusir keberadaan tikus di rumah.

Liputan6.com, Bandung - Rumah merupakan tempat di mana seluruh penghuninya merasakan rasa nyaman dan damai. Namun terkadang ada saja hal yang membuat kondisi itu terusik.

Salah satunya kemunculan tiba-tiba hewan hama yang bernama tikus. Keberadaannya sangat meresahkan yang membuat rumah seperti tidak pernah diurus.

Bahkan keberadaan tikus ini dapat menimbulkan penyakit, seperti penyakit kencing tikus atau leptospirosis.

Leptospirosis merupakan penyakit yang menyebar melalui air atau tanah yang telah terkontaminasi oleh urine hewan pembawa bakteri Leptospira, salah satunya adalah tikus.

Oleh karena itu, sebaiknya mencari cara cepat untuk mengusir tikus di rumah. Ada banyak cara yang dapat dilakukan, seperti menggunakan perangkap tikus atau kapur barus pengusir tikus.

Dan satu lagi, menggunakan tanaman pengusir tikus, yang bisa membuat tikus enggan singgah dan nongkrong di rumah.

Agar terhindar dari segala gangguan kesehatan yang ditimbulkan oleh tikus ini, tidak ada salahnya menyimak 6 tanaman pengusir tikus yang mengganggu di rumah dicuplik dari laman alacasa.id, Jumat, 23 Juni 2023.

1. Mint

Daun mint adalah salah satu tanaman yang cukup efektif mengusir keberadaan tikus di rumah. Pasalnya, daun mint memiliki aroma kuat yang tidak disukai oleh serangga, nyamuk, tikus, dan hama lainnya.

Daun yang diyakini bisa ditanam sebagai tanaman pengusir tikus ini di pekarangan rumah yang biasanya menjadi tempat tikus berada.

2. Lavender

Dua alasan utama banyak orang menanam lavender yaitu antara aroma bunganya yang menenangkan dan menyenangkan, serta warna bunganya yang cantik.

Tetapi siapa tahu, jika tanaman ini ternyata adalah pilihan tanaman pengsuir tikus terbaik. Sebuah penelitian membuktikan bahwa aroma kuat dari lavender mampu mengusir tikus dan serangga di rumah.

Caranya dapat menanam tanaman lavender di sekitar rumah tempat tikus biasa bermain, atau bisa memotong beberapa batang lavender dan menyimpannya di beberapa sudut rumah.

3. Sage

Tanaman pengusir tikus lainnya yang bisa ditanam di pekarangan rumah adalah tanaman Sage. Selain bisa difungsikan sebagai tanaman hias karena bentuk daunnya yang indah, tetapi ternyata tanaman sage juga ampuh dalam mengusir keberadaan tikus di rumah.

Bukan tanpa alasan, tanaman ini mengeluarkan aroma kuat dan khas yang, meskipun menyenangkan dan menenangkan bagi manusia, tetapi sangat tidak disukai oleh tikus.

Letakkan tanaman sage pada sudut atau area rumah yang sering dilewati oleh tikus. Dengan begitu, tikus menjadi enggan lewat apalagi masuk ke dalam rumah.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Tanaman bawang merah dan bawang putih

Selain bisa memperkuat rasa masakan, bawang merah dan bawang putih juga berfungsi ganda yakni mampu mengusir tikus secara efektif.

Seperti yang diketahui, baik bawang putih maupun bawang merah, keduanya memiliki aroma kuat dan menyenangat.

Tikus sangat tidak tahan dengan aroma itu, dan akan menghindari area di mana tanaman bawang-bawangan ini ditanam.

5. Tanaman Bintaro

Tanaman Bintaro bisa mengusir keberadaan tikus di rumah dengan menanam di pekarangan rumah.

Buah tanaman Bintaro mengeluarkan aroma kuat dan bisa menjadi racun bagi tikus, sehingga sangat ampuh membuat tikus enggan mampir ke rumah.

6. Tanaman Sirsak

Tak hanya memiliki sejumlah manfaat kesehatan, ternyata tanaman sirsak juga bermanfaat untuk mengusir tikus di rumah.

Adapun, bagian dari pohon sirsak yang bisa digunakan untuk mengusir tikus adalah daunnya. Hal ini karena, daun tanaman sirsak memiliki aroma menyengat yang sangat tidak disukai tikus.

Caranya dapat merobek daun sirsak dan meletakkan di beberapa sudut rumah, sehingga tikus pun tidak ingin mendekat apalagi masuk kedalam rumah.

Memang manusia harus hidup dengan hewan di dunia ini. Tapi harus dipilah hewan mana saja yang akan berdampak positif dan negatif terhadap kehidupan kita.

Tikus harus diberantas apabila hidup tidak dalam ekosistem rantai kehidupannya. Tujuannya hanya satu, demi rumah nyaman, aman dan sehat. Selamat mencoba!.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.