Sukses

Gelaran PRSU ke-49 Tahun 2023 di Medan Mulai Dibuka, Ada Apa Saja?

Gelaran Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-49 mulai dibuka pada Jumat, 16 Juni 2023. Pada hari pertama, berbagai stan dan paviliun kabupaten/kota dipadati pengunjung. Perubahan mencolok ditampilkan setelah tidak digelar sejak 2020 akibat pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Medan Gelaran Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-49 mulai dibuka pada Jumat, 16 Juni 2023. Pada hari pertama, berbagai stan dan paviliun kabupaten/kota dipadati pengunjung. Perubahan mencolok ditampilkan setelah tidak digelar sejak 2020 akibat pandemi Covid-19.

Gelaran PRSU di Jalan gatot Subroto, Kota Medan, dibuka Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. Tampak para kepala daerah turut serta pada acara pembukaan, dilanjutkan kunjungan ke paviliun masing-masing. Hingga suasana di setiap paviliun yang ada, terlihat meriah, ditambah berbagai pengunjung yang datang untuk melihat pameran produk yang ditampilkan.

Bahkan tidak sedikit yang membawa pulang buah tangan yang diberikan secara gratis, hingga mencicipi makanan khas kedaerahan. Produk kerajinan khas daerah, makanan olahan yang ditampilkan juga jauh lebih beragam dibandingkan dengan gelaran PRSU tahun-tahun sebelumnya.

Apalagi selama 3 tahun PRSU ini tidak digelar, para pelaku UMKM terus berinovasi mengembangkan produk. Yang menarik dari pameran di setiap paviliun adalah kemasan produk makanan olahan yang sebelumnya menggunakan plastik bening dengan stiker sebagai alat menampilkan merek, kini lebih menarik dan berwarna tanpa stiker.

"Ini semua produk dari daerah kita. Sudah banyak ragam, kemasannya lebih menarik karena berbagai inovasi dari pelaku UMKM," kata Bupati Batubara Zahir, usai menampingi Gubernur pada pembukaan PRSU di panggung utama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbagai Stan

Pameran di stan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumut juga tak kalah menarik. Ada pameran alat transportasi dan penyelamatan yang digunakan petugas Badan Penanggulangan dan Bendana Daerah (BPBD) Sumut di depan gedung utama lokasi acara.

Para petugas tampak mengenakan seragam jingga sebagai ciri khas, sambil menampilkan alat penyelamatan sebagai bentuk kesiapsiagaan bencana. Juga ada stan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang menampilkan ragam tumbuhan hutan.

Tak hanya itu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga menghadirkan lebah madu yang dibudidaya di dalam hutan melalui Program Perhutanan Sosial atau Hutan Kemasyarakatan. Termasuk memberikan bibit tanaman keras kepada pengunjung yang datang secara gratis.

Di bagian sudut panggung, ada stan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut yang menampilkan produk fotografi, teknologi IT, ruang mini untuk menggelar podcast yang kini menjadi trend bagi para pelaku konten kreatif.

Juga disemarakkan dengan ruang foto unik dan kreatif, berlatar depan buletin Info Sumut, sehingga hasil jepretan nantinya, seakan gambar pengunjung ditampilkan pada sebuah majalah.

3 dari 3 halaman

Promosikan PON 2024

Sebagai calon Tuan Rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024, PRSU juga menampilkan berbagai bentuk kesiapan Sumut mengelar ajang bergengsi ini bersama Provinsi Aceh. Selain alat olahraga, juga disiapkan meja khusus bagi pengunjung yang ingin menantang altet bermain catur, dengan latar depannya maket pebangunan pusat olahraga Sumut.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Arief S Trinugrogho yang menyempatkan diri mengunjungi beberapa stan OPD usai pembukaan PRSU, sempat mencicipi makanan poduk hasil olahan di lokasi pameran.

Arief saat itu didampingi sejumlah pimpinan OPD seperti Kepala Dinas Komifo Sumut, Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Suherman, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Keratif, Zumry Sulthoni, dan lainnya.

Sebelum beranjak dari lokasi, Kadis Kominfo Sumut Ilyas Sitorus sempat meyakinkan Sekdaprov bahwa gelaran PRSU menjadi tanggung jawab OPD yang dipimpinnya untuk mengabarkan kepada publik tentang kemeriahan pesta rakyat Sumut.

Apalagi tema PRSU tahun ini unik, yaitu “Berikan Cerita Terbaikmu”, hal itu selaras dengan maraknya penggunaan media sosial yang menyuguhkan berbagai informasi, termasuk momentum seperti ini.

"Kita siapkan informasi, kita sebarkan kepada masyarakat. Agar masyarakat tahu, PRSU ini ada setelah tiga tahun vakum karena Covid-19," Ilyas menuturkan.

Kepada masyarakat, khususnya Sumut, diimbau agar datang ke PRSU dan menikmati berbagai pameran, atraksi, hiburan hingga suguhan kuliner dari berbagai tempat dan jenis, mulai dari 16 Juni hingga 17 Juli 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.