Sukses

Viral di TikTok Hazelnut Sama dengan Kemiri, Ini Faktanya!

Pembahasan hazelnut yang disebut kemiri berawal dari unggahan video TikTok akun @rena.reksya.

Liputan6.com, Bandung - Baru-baru ini media sosial TikTok tengah dihebohkan dengan video viral mengenai pembahasan hazelnut yang disebut sama dengan kemiri. Unggahan video tersebut viral hingga ke media sosial Twitter.

Pembahasan hazelnut yang disebut kemiri berawal dari unggahan video TikTok akun @rena.reksya. Dia membahas bahwa hazelnut sama dengan kemiri.

Dalam video tersebut, ia juga menceritakan bahwa rasa penasarannya bermula dari cokelat yang sering dikonsumsinya.

Umur berapa kalian tahu kalo Hazelnut itu ternyata adalah kemiri guys, Hazelnut tuh nama lain Kemiri,”  tulis keterangan dalam unggahan @rena.reksya.

Akun @rena.reksya pun merasa penasaran dengan kacang yang sering ia makan karena rasanya yang enak. Ia kemudian mencari tahu dan menemukan arti hazelnut dalam bahasa Indonesia yang berarti kemiri.

Aku tuh mikir ya selama makan sering makan itu, ini kacang apa kok enak banget gitu kan tapi bentuknya kok kaya tau gitu. Terus akhirnya aku searching ya Hazelnut itu bahasa Indonesianya apa sih dan ternyata adalah Kemiri,” ujarnya.

Setelah video tersebut dirilis, banyak warganet TikTok dan Twitter kemudian ramai membahas hal tersebut. Kebanyakan di antaranya menjelaskan jika hazelnut bukanlah kemiri karena dari rasanya pun sudah sangat berbeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ini Perbedannya

Baik hazelnut dan kemiri, keduanya sangatlah berbeda meskipun berasal dari kerajaan tumbuhan yang sama. Hazelnut merupakan keluarga Betulaceae dan genus Corylus. Sedangkan, kemiri dari keluarga Euphorbiaceae dan genus Aleurites.

Hazelnut yang kita ketahui dihasilkan dari pohon hazel atau Corylus Avellana dan sering digunakan untuk dikonsumsi dan dicampurkan dalam cokelat, kue, hingga selai. Hazelnut juga terkadang dapat dimanfaatkan atau digunakan untuk memasak.

Berbeda dengan kemiri yang sering kita jumpai berasal dari pohon kemiri atau Aleurites Moluccana. Biasanya kemiri sering digunakan sebagai rempah atau sumber minyak dan sering ditemui di dapur-dapur rumah tangga Indonesia.

Kesalahpahaman tersebut bisa terjadi dapat disebabkan ketika mencari arti dari hazelnut dalam bahasa Indonesia karena ada yang menyebutkan hazelnut berarti kemiri, semacam buah kemiri sehingga dapat menjadi salah arti.

Dalam bahasa Indonesia, hazelnut mempunyai arti sebagai kacang hazel saja karena berbeda jenis dengan kemiri. Adapun dalam bahasa Inggris, kemiri dapat disebut dengan candlenut karena berasal dari pohon candleberry atau kemiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini