Sukses

Maksud Hati Dapat Ikan Besar, Apa Daya Buaya Hamil yang Terjerat Pukat Nelayan Gorontalo

Buaya sepanjang 4,7 meter tersebut terperangkap dengan pukat nelayan setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Desa Bulalo,Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara seketika digegerkan dengan penemuan seekor buaya. Buaya sepanjang 4,7 meter tersebut terperangkap dengan pukat nelayan setempat, Rabu (7/6/2023).

Informasi yang dirangkum Liputan6.com, penemuan buaya yang tengah hamil tersebut berawal ketika salah satu nelayan bernama Ical Daeng hendak mengecek pukat ikan yang sudah dipasang sehari sebelumnya.

Berharap pukatnya mendapatkan ikan, Ical pun berangkat sekitar pukul 06.00 Wita pagi. Sesampainya di lokasi, Ical kemudian mengecek satu persatu pukat secara hari-hati agar ikan tidak ada yang terlepas.

Namun, saat mengecek pukat selanjutnya, dirinya merasa bahwa dalam pukat tersebut terperangkap ikan besar. Dengan hati yang gembira, Ical kemudian menarik pukat tersebut secara perlahan.

Setelah terangkat, dirinya kaget bukan kepalang. Musabab, yang terperangkap dalam pukat tersebut bukanlah ikan, melainkan seekor buaya besar.

Dirinya yang kala itu panik, kemudian memanggil warga sekitar untuk mengevakuasi buaya tersebut. Bobot buaya yang begitu besar, tidak memungkinkan dirinya mengangkatnya sendiri.

Beberapa saat kemudian, warga datang membantu Ical Daeng mengevakuasi binatang buas dengan nama latin Crocodylidae itu. Dengan menggunakan tali seadanya, akhirnya warga sekitar berhasil menarik buaya tersebut ke daratan.

"Seketika proses evakuasi menjadi tontonan warga, banyak warga yang memadati lokasi hanya ingin melihat buaya itu," kata Alfian warga sekitar.

Untung saja, saat dilakukan evakuasi, buaya tersebut tidak melawan. Mereka menduga, bahwa buaya itu sudah beberapa jam terperangkap di pukat dan sudah kelelahan.

"Alhamdulillah buaya itu tidak melawan saat ditarik. Berat juga buaya itu, perutnya besar karena hamil," kata Wardi warga yang membantu melakukan evakuasi.

Menurut Wardi, bahwa penemuan punya terperangkap dalam pukat itu sudah beberapa kali terjadi. Pekan lalu, seekor buaya juga terperangkap dalam pukat nelayan.

"Pekan lalu juga ada, tapi agak kecil. Kalau yang kami dapat ini besar sekali," ia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.