Sukses

Brigjen Pol Firly R Samosir, Putra Batak Pertama Komandan Pasukan Brimob I Sumatera

Brigjen Pol Firly R Samosir merupakan orang pertama yang ditunjuk mengawali sejarah terbentuknya Pasukan Brimob I Korbrimob Polri di wilayah Sumatera.

Liputan6.com, Jakarta Brigjen Pol Firly R Samosir merupakan orang pertama yang ditunjuk mengawali sejarah terbentuknya Pasukan Brimob I Korbrimob Polri di wilayah Sumatera.

Hal itu merupakan awal sejarah baru bagi perjalanan Korbrimob Polri sebagai penguatan struktur organisasi Korps Brimob Polri, yang memiliki peranan penting dalam mengamankan berbagai proyek strategis nasional.

Lalu, dikuatkan dengan terbitnya Perpol No. 6 Tahun 2022 perubahan ke-4 atas Perpol No. 6 Tahun 2017 tentang susunan organisasi dan tata kerja pada tingkat Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kemudian, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia mengeluarkan Peraturan Kepolisian yang mengatur tentang penambahan jabatan Komandan Pasukan Brimob I, II, III, Korbrimob Polri dengan pangkat bintang 1.

Dengan demikian, maka secara keseluruhan terdapat penambahan 4 perwira tinggi Polri berpangkat bintang 1 di jajaran Korbrimob Polri.

Pada 24 Februari 2023 lalu telah dilaksanakan pengukuhan Danpas Brimob di Markas Komando Korbrimob Polri, Cimanggis, Depok.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

Pengukuhan mengandung maksud agar wilayah NKRI dari Sabang sampai Merauke dapat terjaga keamanan dan ketertiban masyarakatnya, guna mempercepat dan berjalannya dinamika operasional (Wilayah Barat/Pulau Sumatera).

Pada 10 Maret 2023, Dankor Brimob Polri, Komjen Pol Anang Revandoko, meresmikan 3 struktur organisasi Korps Brimob Polri serta pelantikan komandan Pasukan Brimob I, II dan III.

"Dengan terus menggelorakan rasa kesetiaan kepada negara, diwujudkan melalui kesetiaan tegak lurus terhadap setiap kepentingan nasional dan kebijakan yang ditetapkan pimpinan tertinggi demi kemajuan bangsa," ujarnya, dalam keterangan diperoleh Liputan6.com, Rabu (7/6/2023).

3 dari 3 halaman

Menempati Eks Batalyon A Brimob Polda Sumut

Selanjutnya, Korps Brimob Polri resmi menempati eks Batalyon A Brimob Polda Sumut di Kota Binjai, Provinsi Sumatera Utara, sebagai markas komando pasukan Brimob I Polri, Selasa, 6 Juni 2023.

Pasukan Brimob I Polri yang berjumlah sebanyak 12.000 itu dipimpin langsung Brigjen Pol Firly R Samosir. Juga membawahi 4 resimen (Resimen Pelopor dan Resimen Gegana) dan berperan sebagai pembina teknis 10 satuan Brimob Polda (Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Bengkulu, Jambi, Sumsel, Babel dan Lampung ).

Dalam sambutan Apel Kesatuan Pasukan Brimob I, Wadankor Brimob Polri, Irjen Pol Imam Widodo mengatakan, diresmikannya markas komando pasukan Brimob I Polri di lokasi eks Batalyon A Brimob Polda Sumut, Kota Binjai, bertujuan untuk menanggulangi pencegahan tindak kejahatan dengan skala intensitas tinggi.

"Keberadaan pasukan Brimob I Polri ini juga melaksanakan kegiatan operasional pengamanan agenda nasional 2024 dan internasional. Semoga dengan adanya pasukan Brimob I Polri bisa bermanfaat bagi masyarakat, nusa, dan bangsa," sebutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini