Sukses

16 Atlet Bulutangkis Papua, Berburu Gelar Juara Piala 'Gibran' di Solo

Sebanyak 16 atlet bulutangkis asal Papua terbang ke Solo guna mengikuti kejuaraan Polytron Wali Kota Cup Solo 2023 di GOS Sritex Arena, Solo (5-10/6/2023).

Liputan6.com, Solo - Kejuaran bergengsi Polytron Wali Kota Cup Solo 2023 berhasil menarik minat belasan atlet badminton dari Papua. Mereka rela terbang ke Solo untuk mengikuti kejuaraan bulutangkis yang diikuti ribuan atlet dari berbagai penjuru Indonesia. Kejuaraan tersebut memperebutkan total hadiah di atas Rp 600 juta.

Fathir merupakan satu dari 16 atlet bulutangkis asal Papua yang mengikuti kejuaraan Polytron Wali Kota Cup Solo 2023 yang digelar di Solo, (5-10/6/2023). Pebulutangkis yang lahir pada 16 Juni 2014 di Serui, Kepulauan Yapen, Papua ini turun di kategori tunggal usia dini putra U-11.

Di hari pertama pertandingan, atlet yang kini berusia delapan tahun itu bertanding melawan wakil Jaya Raya Solo Haydhar Al Zakhiri. Fathir yang masih berusia delapan tahun itu harus berjuang ekstra keras untuk meladeni permainan lawan.

Fathir akhirnya berhasil menang pada gim pembuka dengan skor 21-19. Sedangkan pada gim kedua, ia bisa bermain leluasa dan mengontrol ritme pertandingan bulutangkis itu sehingga bisa memetik kemenangan dengan angka 21-12. “Senang tapi tegang juga tadi,” kata dia di GOR Sritex Arena Solo, Senin (5/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

16 Atlet Diterbangkan ke Solo

Ketua Mandala Badminton Club Jayapura Piter Kainama mengatakan untuk mengikuti kejuaran Polytron Wali Kota Cup Solo 2023 itu pihaknya membawa sebanyak 16 atlet dari Papua. Mereka sengaja mengikuti kejuaraan tersebut demi mendongkrak kemampuan para atlet asal Bumi Cendrawasih itu.

“Di Papua pertandingan sangat minim, bahkan hampir tidak pernah ada dalam beberapa tahun terakhir. Sementaara atlet-atlet ini punya prospek ke depan yang bagus. Kalau kita tinggalkan di Jayapura saja, mereka tidak adak berkembang,” kata dia.

Oleh sebab itu, pihak manajemen memutuskan untuk kerja sama dengan klub yang ada di Jawa agar kemampuran para atlet bisa terasah dan memiliki jam terbang tinggi sehingga ke depan bisa menjadi atlet-atlet yang handal. Piter mengaku tidak hanya mengikuti kejuaraan di Solo tetapi mereka juga mengikuti kejuaraan bulutangkis yang digelar di Pulau Jawa dan sekitarnya.

“Jadi semua kejuaraan-kejuaraan bulutangkis yang dilaksanakan PBSI di Pulau Jawa maupun sekitarnya, kami pasti ikut,” ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Penerus Chico

Piter pun sangat mengapresiasi penyelenggaraan Polytron Wali Kota Cup Solo 2023, pasalnya kejuaran dengan total hadiah lebih dari Rp 600 juta itu diikuti tak kurang dari 1.284 atlet dari 225 klub yang datang dari berbagai penjuru Tanah Air.

Kejuaraan bulutangkis ini terdaftar sebagai kejauraan swasta nasional dalam kalender PBSI sehingga para atlet yang juara akan mendapatkan ranking poin nasional,” jelas dia.

Dengan keikutsertaan dalam kejuaraan itu, Piter berharap nantinya dapat muncul atlet-atlet bulutangksi seperti Chico Aura Dwi Wardoyo atau yang lebih dikenal dengan panggilan Chico. Ia merupakan salah satu atlet bulutangkis asal Papua yang merupakan andalan Merah Putih.

“Kami berharap atlet-atlet ini di kemudian hari tidak hanya membawa nama baik Papua tetapi juga Indonesia. Dan sudah terbuktu suada ada anak-anak Papua yang telah menjadi atlet nasional. Semoga mereka bisa menjadi ‘Chico-Chico’ yang akan datang,” harapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.