Sukses

Ini Lima Panduan Pilih Regulator Gas Elpiji yang Aman dan Berkualitas

Saat Anda memilih regulator gas elpiji di pasaran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh konsumen agar tidak keliru atau salah membeli.

Liputan6.com, Jakarta - Regulator gas merupakan salah satu komponen penting dalam sistem penggunaan gas elpji. Alat ini bertanggung jawab untuk mengurangi tekanan gas dari tabung elpiji agar sesuai dengan kebutuhan penggunaan, baik untuk rumah tangga maupun industri. Memilih regulator gas yang aman dan berkualitas sangat penting artinya untuk mencegah dan menekan risiko kebocoran gas yang berbahaya. Saat Anda memilih regulator gas elpiji di pasaran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh konsumen agar tidak keliru atau salah membeli. 

Menurut Marketing Communication Gascomp, Jemmy Geovanka, dalam memilih regulator gas elpiji yang baik, konsumen sebaiknya mempertimbangkan beberapa faktor.  Selain harus memenuhi syarat keamanan dan mutu tinggi sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI), regulator gas juga harus mudah digunakan dan hemat dalam penggunaan gas.

Jemmy menjelaskan, setidaknya terdapat lima kriteria yang penting diperhatikan konsumen dalam memilih regulator yang baik. Kriteria ini   juga biasa digunakan sebagai standar dalam pengujian kualitas regulator gas. Yang pertama adalah  faktor kemudahan pemasangan. Jemmy menjelaskan baha kriteria ini untuk mengukur sejauh mana regulator gas elpiji dapat dipasang dengan mudah dan tanpa kesulitan oleh konsumen.

“Proses pemasangan yang sederhana dan instruksi yang jelas akan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi konsumen,” jelasnya.

Kriteria kedua adalah anti kebocoran. Regulator gas elpiji wajib memiliki teknologi ini karena  penting  artinya dalam mencegah kebocoran gas yang berpotensi memicu kebakaran.  

“Regulator yang dirancang dengan baik dan memiliki mekanisme pengaman seperti katup anti-kebocoran dapat memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Produk Gascomp Superlock misalnya, produk regulator ini dapat mengunci dengan sempurna dan rata, sehingga mencegah kebocoran dari tabung gas,” terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keamanan dan Penggunaan

Faktor ketiga adalah layanan purna jual. Faktor ini mencakup aspek layanan purna jual seperti dukungan pelanggan, layanan perbaikan, dan ketersediaan suku cadang. “Layanan purna jual yang baik dapat memberikan kepercayaan kepada konsumen bahwa mereka akan mendapatkan dukungan jika terjadi masalah dengan regulator gas,” paparnya.

Kriteria berikutnya adalah fungsi keamanan. Menurut Jemmy, fungsi keamanan pada regulator gas LPG melibatkan fitur-fitur yang dirancang untuk mencegah risiko kebakaran atau kebocoran gas. “Regulator gas yang memiliki fitur-fitur seperti katup pengaman, pemadaman otomatis, atau mekanisme penguncian yang aman dapat memberikan perlindungan tambahan,” tegasnya.

Kriteria kelima atau  yang terakhir adalah fungsi penggunaan. Kriteria ini mencakup kemudahan pengoperasian dan pengaturan tekanan gas yang akurat. Regulator gas yang mudah digunakan dan dapat diatur dengan tepat memberikan kenyamanan dan efisiensi dalam penggunaan gas.

Menurut Jemmy, berdasarkan hasil survei terbaru mengenai kepuasan konsumen terhadap sejumlah merek regulator di pasaran, Gascomp Superlock GRS-01 menduduki posisi teratas dalam semua kriteria. Brand ini berhasil menyisihkan sembilan merek lain dengan 45% responden menyatakan kepuasan mereka.

“Hasil survei independen tersebut menandakan, Gascomp memiliki performa yang baik dan memenuhi harapan konsumen. Seperti diketahui, selain berstandar SNI, Gascomp juga telah mengikuti sistem manajemen kualitas dan bersertifikat KAN (Komite Akreditasi Nasional) & TUV Nord,” terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.