Sukses

Mengenal Pewayangan Mahabharata, Ini 5 Tokoh yang Ada di Pandawa Lima

Berikut lima tokoh wayang yang ada di Pandawa Lima

Liputan6.com, Yogyakarta - Pandawa Lima merupakan sebutan untuk lima bersaudara dalam tokoh pewayangan kisah Mahabharata. Pandawa Lima yang terdiri dari lima tokoh ini merupakan anak dari Prabu Pandu Dewanata, yakni seorang Raja di Hastinapura.

Kelima tokoh ini memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Mengutip dari surakarta.go.id, berikut lima tokoh yang ada di Pandawa Lima:

1. Yudistira

Yudistira merupakan putra pertama Prabu Pandu Dewanata dan Dewi Kunti. Yudistira memiliki nama kecil Raden Puntadewa.

Yudistira digambarkan sebagai sosok jelmaan Dewa Yama. Ia memerintah di Kerajaan Amarta.

Tokoh ini merupakan karakter yang sangat bijaksana, hampir tidak pernah berbuat dusta atau berbohong, memiliki moral yang sangat tinggi, dan seorang pemaaf. 

2. Bima

Tokoh wayang Bima memiliki banyak nama lain, yakni Bratasena, Balawa, Birawa, Dandungwacana, Nagata, Kusumayuda, Kowara, Pandusiwi, Bayusuta, Sena, Werkudara, Wijasena, dan Jagal Abilawa. Ia merupakan putra kedua dari Prabu Pandu Dewanata dan Dewi Kunti.

Bima digambarkan sebagai jelmaan Dewa Bayu yang bertempat tinggal di Kadipaten Jodipati, wilayah Indraprastha. Bima merupakan sosok yang kuat, kasar, dan menakutkan di mata musuh.

Namun, ia memiliki hati yang sangat lembut dengan sifat gagah berani, teguh, kuat, tabah, patuh, dan jujur. Senjata istimewa yang ia miliki adalah gada rujakpala dan kuku pancanaka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arjuna

3. Arjuna

Arjuna merupakan putra bungsu Prabu Pandu Dewanata dan Dewi Kunti. Ia memiliki beberapa nama lain, di antaranya Permadi, Janaka, Wibatsuh, Parta, Dananjaya, dan Palguna.

Ia merupakan jelmaan dari Dewa Indra yang memimpin kerajaan di Madukara. Arjuna merupakan sosok ksatria cerdik yang gemar berkelana, bertapa, dan menuntut ilmu. Ia identik dengan karakter mulia, berjiwa ksatria, mempunyai iman yang kuat, dan gagah berani. 

Arjuna juga merupakan tokoh yang mahir dalam ilmu peperangan. Beberapa senjata sakti yang ia miliki, di antaranya panah pasupati, busur gandiwa, dan terompet dewadatta.

4. Nakula

Nakula memiliki nama kecil Pinten. Ia merupakan salah satu putra kembar dari pasangan Prabu Pandu Dewanata dan Dewi Madri.

Nakula merupakan jelmaan dari Dewa Kembar Aswin (dewa pengobatan). Ia digambarkan sebagai sosok ksatria tangguh yang pandai dalam memainkan senjata. Ia memiliki karakter jujur, setia, taat pada orangtua, dapat menjaga rahasia, dan suka membalas budi.

5. Sadewa

Saudara kembar Nakula ini memiliki nama kecil Tangsen. Sadewa merupakan jelmaan Dewa Kembar Aswin.

Ia digambarkan sebagai sosok yang ahli dalam ilmu astronomi. Selain itu, Sadewa memiliki karakter yang rajin, bijaksana, setia, taat pada orangtua, dapat menjaga rahasia, dan suka membalas budi. 

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini