Sukses

Jalan Rusak di Bonebol Jadi Sorotan Masyarakat, Bupati Desak BPJN Perbaiki

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mendesak Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Gorontalo untuk segera melakukan perbaikan sejumlah jalan yang rusak di daerah tersebut.

Liputan6.com, Gorontalo - Saat ini, masyarakat Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo mengeluhkan banyak jalan dalam kondisi rusak. Jalan tersebut tersebar di beberapa lokasi di daerah yang dinobatkan sebagai Kabupaten Lestari tersebut.  

Jalan rusak tersebut diantaranya, jalan nasional, jalan provinsi hingga kabupaten. Akibatnya, jalanan tersebut banyak mengakibatkan kecelakaan.

Tidak hanya itu, ada juga warga yang menyindir rusaknya jalan di Kabupaten Bonebol melalui media sosial. Mereka menggunakan bahasa satir menyindir pemerintah agar jalan tersebut diperbaiki.

"Kepada yang terhormat Bupati, Ketua DPRD, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bonebol untuk semntara jangan dulu melewati sepanjang jalan makam pahlawan Nani Wartabone sebaiknya bapak cari jalan lain yang tidak mengganggu kenyamanan dalam berkendara," kata akun @Ek***** melalui akun media sosial pribadi.

Menanggapi hal itu, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mendesak Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Gorontalo untuk segera melakukan perbaikan sejumlah jalan yang rusak di daerah tersebut.

Bupati Hamim mengatakan desakan ini merupakan aspirasi masyarakat yang selama ini menuntut perbaikan jalan. Baik yang berstatus jalan kabupaten, provinsi maupun nasional.

"Hari ini presiden telah mengeluarkan instruksi di mana jalan-jalan kabupaten bisa dikerjakan atau dilaksanakan oleh BPJN. Maka kami membawa aspirasi dari masyarakat maupun pemerintah daerah tentang kondisi jalan di Bonebol," kata Hamim.

Menurut Hamim, sejak tahun lalu pihaknya sudah mengusulkan kurang lebih 11 ruas jalan untuk diperbaiki. Namun sampai hari ini belum ditindaklanjuti karena pihak Pemerintah Daerah yaitu Dinas PUPR-PR belum melengkapi Detail Engineering Design (DED) serta data-data pendukungnya lainnya.

"Oleh karena itu dalam 2 sampai 3 hari ini dinas terkait saya minta untuk melengkapi data-data yang diminta oleh BPJN sehingga bisa di-input kembali,"tegas Hamim.

Hamim menilai beberapa daerah di Provinsi Gorontalo sudah mendapat bagian perbaikan jalan dari BPJN. Olehnya itu, Bone Bolango yang memiliki kinerja bagus harus mendapat perlakuan yang sama terlebih kantor BPJN sendiri terletak di wilayah tersebut.

“Bone Bolango banyak mendapatkan penghargaan dari pusat, maka wajib juga untuk diperbaiki jalannya,” tegasnya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.