Sukses

Malam Hari di Solo, Berburu Ikan Segar di Pasar Ikan Balekambang

Pasar ini pertama kali diresmikan dan dibuka pada 2012 oleh Joko Widodo yang saat itu masih menjabat sebagai wali kota Surakarta.

Liputan6.com, Solo - Pasar Ikan Balekambang di Surakarta menjadi tempat yang paling sering dituju oleh masyarakat yang ingin berburu ikan segar pada malam hari. Segala jenis ikan segar bisa didapatkan di pasar ini.

Mengutip dari surakarta.go.id, Pasar Ikan Balekambang buka mulai pukul 19.00-04.00. Pasar ini pertama kali diresmikan dan dibuka pada 2012 oleh Joko Widodo yang saat itu masih menjabat sebagai wali kota Solo.

Pembeli yang berburu ikan segar di pasar ini bahkan tak hanya dari Solo, tetapi juga dari daerah lain termasuk Yogyakarta. Adapun tujuan dibuatnya pasar ini agar masyarakat Solo memiliki tempat khusus saat ingin berburu ikan.

Ikan-ikan yang dijual pun harus ikan segar dengan harga yang relatif murah. Keberadaan pasar ini juga diharapkan dapat meningkatkan daya beli dan konsumsi ikan masyarakat Solo, sehingga akan tercipta generasi yang cerdas dan senang mengonsumsi ikan.

Selain murah dan lengkap, ikan yang dijual di pasar ini juga memiliki kualitas baik. Adapun jenis ikan yang dijual di sini pun beragam, mulai dari ikan jenis air tawar hingga ikan jenis air laut.

Pengunjung juga bisa berburu gurita, udang, cumi, kepiting, bakau, baby hiu, emas belanak, pari, patin, gurame, nila, bandeng, tongkol, hingga jenis ikan lainnya di pasar ini. Berton-ton ikan segar ini bisa terjual dalam sehari.

Saat ini, Pasar Ikan Balekambang sudah lebih modern dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti lapak parkir khusus untuk mobil pedagang, saluran air bersih, IPAL untuk pengolahan limbah, musala, kamar mandi, genset, kantin, dan lainnya. Pasar ini sangat cocok dikunjungi oleh para pencinta makanan laut (seafood).

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini