Sukses

Ungkapan Haru Eko Purdjianto Ikut Bawa Timnas Raih Medali Emas SEA Games

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Eko Purdjianto ikut berperan membawa Timnas meraih medali emas sepakbola SEA Games 2023.

Liputan6.com, Sukoharjo - Eko Purdjianto mengungkapkan rasa haru setelah Timnas Indonesia U-22 berhasil memboyong medali emas cabang olahraga sepakbola di SEA Games 2023. Perlu diketahui Eko merupakan mantan asisten pelatih Timnas U-19 dan pada tahun ini ditunjuk untuk menemani Indra Sjafrie menukangi Timnas Indonesia dalam ajang SEA Games 2023 di Kamboja.

Pada laga final melawan Thailand, Timnas Indonesia sukses memenangkan pertandingan, dan mampu menggondol emas dalam ajang sepak bola SEA Games 2023. Untuk diketahui, terakhir kali Timnas Indonesia berhasil menjadi juara dan meraih medali emas terjadi pada tahun 1991 silam atau 32 tahun yang lalu.

Pertandingan yang dihujani dengan kartu kuning dan merah itu berakhir dengan skor akhir 5-2 sukses mengantarkan Timnas Indonesia meraih kemenangan setelah melalui dua kali babak perpanjangan waktu serta diwarnai empat kartu kuning dan empat kartu merah.

Saat dihubungi Liputan6.com, Eko Purdjianto yang berada di Kamboja mengaku senang dengan hasil kerja keras Marselino dan kawan-kawan dalam berjuang merebut medali emas SEA Games.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memutus Tren Kekalahan

Menurutnya, yang paling menggembirakannya adalah ketika bisa memutus kekalahan melawan Timnas Thailand.

"Yang pertama bersyukur dan Alhamdulillah. Akhirnya Timnas dalam Sea Games Kamboja ini bisa meraih emas setelah 32 tahun. Bangga dan terharu," kata dia di Kamboja, Rabu (17/5/2023).

Eko mengaku terharu dengan perjuangan anak asuhannya hingga pada titik pencapaian emas SEA Games Kamboja. Usai mengalahkan Thailand dalam final sepak bola itu Timnas Indonesia akan pulang ke Indonesia pada Kamis (18/5/2023) pagi.

Lebih lanjut Eko mengucapkan terima kasih untuk seluruh masyarakat Indonesia yang mendoakan, atau yang mendukung langsung ke stadion tempat mereka bertanding. "Bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia sebagai tim pelatih. Besok pagi tim pulang ke Indonesia," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.