Sukses

Mau Ikut Perayaan Waisak di Borobudur? Begini Cara Daftarnya

Perayaan Waisak tahun 2023 ini akan dilakukan pada 4 Juni 2023 nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Candi Borobudur dikenal sebagai salah satu Candi Buddha terbesar di dunia. Setiap tahun ribuan umat Bdudha merayakan Hari Suci Waisak di sana. 

Perayaan Waisak tahun 2023 ini akan dilakukan pada 4 Juni 2023 nanti. Biasanya, salah satu ritual yang dilakukan di hari itu adalah melepaskan ribuan lampion harapan ke udara atau yang juga dikenal dengan Lentera Puja.

Pelepasan lampion bertujuan untuk menghilangkan hal-hal negatif dari diri manusia serta mewujudkan impian dan harapan dari setiap umat. Tidak heran jika lampion-lampion yang terbang ke udara penuh dengan doa dan harapan baik. 

Selama dua tahun sejak pandemi Covid-19, Lentera Puja absen dilaksanakan. Kegiatan ini baru kembali digelar pada tahun 2022 lalu dan rencananya akan kembali digelar tahun ini. 

Bahkan, puluhan biksu Thailand pun akan ikut merayakan Waisak di Candi Borobudur pada 4 Juni mendatang. Mereka melakukan perjalanan religi puluhan ribu kilometer untuk sampai ke Candi Borobodur.

Biksu-biksu asal Thailand itu, kini baru tiba di Bekasi sebelum nantinya melanjutkan perjalanan ke Magelang, Jawa Tengah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melepas Lampion di Candi Borobudur

Pelepasan lampion pada perayaan Waisak di komplek Candi Borobudur bisa diikuti oleh masyarakat umum. Bahkan pendaftarannya sudah dibuka sejak April 2023 lalu.

Tahun ini, sebanyak 2.000 lampion telah disiapkan untuk dilepas dalam dua sesi. Rencananya sesi pertama akan dilakukan mulai pukul 17.30 hingga pukul 19.00 WIB, sementara sesi kedua akan dilakukan mulai pukul 20.00 sampai pukul 21.00 WIB.

Ritual ini bisa diikuti oleh wisatawan yang sebelumnya sudah mendaftar sesuai jadwal dan membayar biaya kontribusi sebesar Rp300 ribu/ orang. Biaya tersebut sudah termasuk lampion dan kartu harapan.

Wisatawan yang sudah mendaftar bisa menukarkan tiket di hari H, mulai pukul 08.00 hingga 15.30 WIB di Candi Mendut dan Borobudur Gate 1.

 

3 dari 4 halaman

Cara Mendaftar Pelepasan Lampion Waisak di Candi Borobudur

1. Buka laman https://forms.gle/ ktDaLXf3SaAFUYM38 

2. Isi formulir dan tunggu beberapa saat untuk mendapatkan reminder pembayaran melalui WhatsApp pribadi.

3. Kirim bukti transfer ke nomor Whatsapp yang mengirimkan reminder pembayaran tersebut. 

4. Setelah pembayaran terverifikasi, peserta akan mendapatkan kode khusus melalui  e-mail pribadi yang didaftarkan sebelumnya. 

5. Gunakan kode tersebut untuk penukaran tiket pada 4 Juni 2023 di Candi Borobudur.

 

4 dari 4 halaman

Syarat dan Ketentuan

1. Usia minimal peserta adalah tujuh tahun. 

2. Sudah mendapatkan vaksin Covid-19. 

3. Wajib datang sesuai tanggal dan jam yang ditentukan. Apabila datang tidak sesuai dengan tanggal dan jam yang sudah ditentukan maka tiket tidak berlaku.

4. Tiket yang sudah dibeli tidak bisa di-refund.

5. Wajib menjaga keheningan dan kenikmatan selama acara berlangsung Alat komunikasi di-non-aktifkan/mode silence. 

6. Wajib menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan selalu menggunakan hand sanitizer. 

7. Harga tiket berlaku untuk satu orang dan penerbangan lampion akan dilakukan minimal oleh empat orang pengunjung yang dipandu oleh panitia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini