Sukses

Khasiat Lidah Buaya, Atasi Berbagai Masalah pada Kulit

Selain diolah menjadi obat, beberapa masyarakat juga memanfaatkan lidah buaya secara alami.

Liputan6.com, Yogyakarta - Lidah buaya atau aloe vera memang dikenal memiliki banyak khasiat, terutama dalam hal menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Tanaman ini juga dipercaya dapat dimanfaatkan sebagai obat pencahar.

Mengutip dari dinkes.palangkaraya.go.id, bagian lidah buaya yang bisa dimanfaatkan khasiatnya adalah gel dan lateksnya. Gel diperoleh dari sel-sel yang berada di bagian tengah kulit lidah buaya, sementara lateks diperoleh dari sel-sel yang berada tepat di bawah lapisan kulit lidah buaya.

Gel lidah buaya yang berwarna bening sering dimanfaatkan sebagai kandungan utama pada obat, seperti salep, losion, krim, dan sebagainya. Sementara itu, lateks biasa diolah untuk membuat zat-zat kering, salah satunya suplemen.

Selain diolah menjadi obat, beberapa masyarakat juga memanfaatkan lidah buaya secara alami. Cara alami ini biasanya dilakukan dengan cara mengoleskan gel lidah buaya di rambut maupun kulit. Bukan itu saja, berikut beberapa khasiat lidah buaya:

1. Pembersih make-up alami

Lidah buaya bisa menjadi alternatif pembersih make-up, terutama untul kulit sensitif. Hal ini dikarenakan lidah buaya culup ramah dan lembut di kulit.

2. Mengatasi gatal dan ruam pada mulut serta kulit

Menurut penelitian, menggunakan obat kumur yang mengandung lidah buaya dapat membantu mengurangi rasa gatal dan ruam pada mulut. Hasil tersebut bisa didapatkan setelah berkumur tiga kali sehari selama 3 bulan.

Selain dengan cara berkumur, cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mengaplikasikan gel yang mengandung lidah buaya pada kulit. Setelah rutin mengoleskannya sebanyak dua kali sehari selama 2 bulan, hasilnya akan terlihat.

3. Mengatasi cold sore atau luka pada bibir akibat virus herpes

Beberapa penelitian menunjukkan, lidah buaya juga dapat mengatasi luka akibat virus herpes simpleks. Caranya dengan mengoleskan krim yang mengandung ekstrak lidah buaya 0,5% selama tiga kali sehari. Lidah buaya memiliki sifat antivirus yang dapat membantu melawan virus herpes.

4. Psoriasis

Lidah buaya juga dapat mengatasi psoriasis. Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, mudah terkelupas, dan terkadang terasa gatal.

Penggunaan krim dengan kandungan lidah buaya sekitar 0,5% selama 1-2 bulan bisa meredakan psoriasis. Namun, penggunaan gel lidah buaya saja tidak akan terlihat, sehingga harus dibarengi dengan pengobatan lain.

5. Mengatasi kulit terbakar sinar matahari

Losion atau pelembap yang mengandung lidah buaya dipercaya mampu meredakan kulit yang terbakar sinar matahari. Khasiat lainnya adalah dapat mengembalikan kelembapan kulit yang hilang akibat paparan ultraviolet berlebih.

(Resla Aknaita Chak)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.