Sukses

Tahu Tek, Sajian Legendaris Khas Surabaya yang Namanya Berasal dari Suara Gunting

Jika kamu ingin merasakan cita rasa asli tahu tek, kamu bisa berburu ke beberapa penjual tahu tek asli Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Tahu tek menjadi salah satu kuliner favorit di Jawa Timur yang wajib dicoba saat berkunjung ke Surabaya. Sajian ini masih menjadi menu favorit di tengah gempuran menu-menu kuliner modern.

Sesuai namanya, tahu tek berisi tahu goreng dan lontong yang dipotong kecil-kecil. Terdapat berbagai bahan pelengkap lain yang membuat tahu tek semakin kaya rasa.

Tahu yang digunakan dalam tahu tek biasanya digoreng setengah matang. Selanjutnya, tahu dan lontong yang telah dipotong kecil-kecil dicampur dengan kentang goreng, tauge, dan irisan timun.

Sebagai bumbu terakhir, campuran bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan bumbu petis. Beragam bahan dan bumbu yang ada dalam seporsi tahu tek membuat sajian ini terasa nikmat dan kaya rasa.

Mengutip dari indonesiakaya.com, sejarah penamaan tahu tek berawal dari penjual tahu tek yang menggunakan gunting untuk memotong bahan-bahan. Saat memotong, gunting tersebut sengaja dibunyikan oleh sang penjual, meski bahan makanan telah habis dipotong.

Terdengat bunyi 'tek.. tek.. tek..' dari gunting tersebut. Dari sinilah kuliner Surabaya ini akhirnya dijuluki tahu tek. Hingga kini, sajian ini bisa dengan mudah ditemukan di sudut-sudut jalan sekitar Surabaya.

Tak hanya di Surabaya, tahu tek juga sudah banyak dijual di daerah atau kota lain di Indonesia, sehingga siapa saja bisa menikmati sajian ini tanpa harus ke kota pahlawan. Namun, jika kamu ingin merasakan cita rasa asli tahu tek, kamu bisa berburu ke beberapa penjual tahu tek asli Surabaya.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.