Sukses

Tanaman Ini Bisa Jauhkan Ular dari Halaman, Lho!

Beberapa tanaman mengeluarkan aroma yang tidak disukai ular, dan jika ditanam di halaman dapat menjauhkannya dari rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran ular di halaman rumah memang perlu diwaspadai. Jika tidak ingin bertemu dengan makhluk melata saat sedang berkebun, Anda bisa menanam beberapa jenis tanaman untuk mengusirnya.

Ular adalah salah satu hewan yang hidup di berbagai habitat. Namun umumnya, habitat ular adalah tempat lembab, tanah rawa, timbunan daun yang lebat, taman batu, dan gurun. 

Jika halaman belakang rumah termasuk habitat yang disukai ular, Anda mungkin harus waspada. Meski mungkin ular yang datang ke rumah tidak berbisa, tapi siapa yang ingin bertemu ular saat ingin bersantai di halaman?

Untuk menghindari itu, Anda bisa menanam beberapa tanaman pengusir ular. Karena aromanya yang tajam, tanaman-tanaman tidak disukai ular hingga bisa menjauhkannya dari halaman rumah. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6 Tanaman Pengusir Ular

1. Marigold

Marigold tak hanya bisa mencerahkan halaman rumah. Ternyata bunganya yang berwarna oranye dan kuning ini juga efektif untuk mengusir ular dan hama lainnya. Bunga-bunga cantik ini melepaskan bau pedas yang kuat, alpha-terthienyl – fototoksin yang dibenci ular.

Terlebih lagi, sistem akar marigold tumbuh dalam dan berlimpah. Jadi bau menyengat ini juga bisa mencapai jauh ke dalam tanah, di mana pun ular mungkin bersembunyi. 

Marigold lebih suka ditanam di bawah sinar matahari penuh dan membutuhkan kondisi kering dengan tanah yang dikeringkan dengan baik. Ini juga merupakan tanaman terbaik untuk mengusir nyamuk, dan menjauhkan mereka dari rumah Anda.

2. Holly

Holly sering dikaitkan dengan musim liburan, tetapi ular tidak menyukai varietas yang tumbuh rendah. Ini karena daunnya yang bercabang dan berduri membuat ular tidak nyaman untuk merayap. Selain itu, holly memiliki aroma kuat yang dihindari ular.

Namun, jauhkan hewan peliharaan dari buah beri merahnya, karena beracun.

3. Sansevieria

Tanaman yang juga dikenal dengan 'lidah mertua' ini juga dikenal sebagai tanaman penolak ular yang hebat. Alih-alih mengeluarkan bau yang tidak sedap, sebenarnya daun tajam itulah yang membuat ular menjauh. Dengan bentuknya yang tinggi dan meliuk-liuk, ular kerap terancam oleh ujung daun yang tajam.

Tanaman keras ini tumbuh dengan baik di iklim hangat, tumbuh subur pada suhu 21 derajat Celsius ke atas. Meskipun membutuhkan penyiraman dan perawatan yang sangat sedikit, hindari menempatkannya di bawah sinar matahari langsung karena dapat menghanguskan daun.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Serai 

Serai adalah tanaman tropis mirip rumput yang dikenal dengan aroma jeruknya yang segar memenuhi udara. Tanaman ini juga banyak digunakan sebagai bumbu masakan.

Ternyata aroma serai yang segar sangat dibenci ular dan bisa menjauhkan mereka dari rumah. Tanaman ini bisa ditempatkan di luar ruangan untuk mengusir hama lainnya. 

Tanaman ini juga tumbuh subur di lingkungan yang panas dengan sinar matahari penuh. Selain itu, perawatannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menyiramnya secara teratur.

5. Bawang Merah dan Bawang Putih

Meski bawang merah dan bawang putih adalah bumbu masakan paling utama, namun ternyata keduanya menjijikan bagi ular. Ini berkat jumlah asam sulfonatnya yang tinggi yang mengeluarkan bau menyengat yang dibenci ular.

Menanam bawang merah dan putih juga cukup mudah, Anda bahkan bisa menempatkannya di pot. Anda juga bisa memanfaatkan bawang dengan membuat larutan pengusir hama, termasuk ular dan tikus.

6. Agapanthus Pink

Tanaman yang satu ini, meski cantik, rupanya masih anggota keluarga bawang. Ini menjelaskan mengapa aroma bunga dan daunnya cukup kuat untuk mengusir ular.

Tanaman yang satu ini selain bisa menjauhkan ular dari halaman rumah juga bisa membuat halaman menjadi lebih berwarna. Namun pastikan untuk tidak menanamnya di tempat basah dan tergenang air karena akan membuatnya busuk.

Itu dia beberapa tanaman yang ampuh menjauhkan ular dari halaman rumah. Pastikan untuk menanamnya, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.