Sukses

Dukung Mudik Gratis BUMN 2023, Pelindo Sediakan Ribuan Tiket Bus dan Kapal Laut

Kementerian BUMN pada tahun ini memfasilitasi lebih dari 78 ribu pemudik untuk menikmati keceriaan berlebaran di kampung halaman.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian BUMN pada tahun ini memfasilitasi lebih dari 78 ribu pemudik untuk menikmati keceriaan berlebaran di kampung halaman.

Program mudik gratis bersama BUMN Tahun 2023 bertajuk "Mudik Dinanti, Mudik di Hati" tersebut merupakan wujud hadirnya pemerintah untuk melayani masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir, saat melepas keberangkatan ribuan pemudik di 2023 di Area Gelora Bung Karno GBK, Jakarta, Selasa (18/4/2023). Dari 78.017 peserta mudik gratis, sebanyak 57.587 pemudik menggunakan transportasi bus. Sisanya, sebanyak 16.590 pemudik menggunakan moda transportasi kereta, dan sebanyak 3.840 pemudik pulang kampung dengan menumpang kapal laut. 

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) berpartisipasi dan mendukung program mudik gratis bersama BUMN Tahun 2023, dengan memfasilitasi keberangkatan pemudik melalui jalur darat dan laut. Tahun ini Pelindo Group memberangkatkan sekitar 600 peserta mudik gratis menggunakan 5 kapal laut.

Rute tujuan tersebar di 7 lokasi yakni Tanjung Priok ke Sorong, Tanjung Priok ke Ambon, Batam ke Belawan, Kumai ke Semarang, Kumai ke Surabaya, Makassar ke Namlea, dan Makassar ke Ambon. Selain itu, Pelindo juga menyediakan 7.300 tiket bus gratis untuk pemudik ke berbagai kota tujuan utama di Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kembali ke Jakarta

Para peserta program mudik gratis bus Pelindo Group tidak hanya difasilitasi keberangkatannya, namun juga difasilitasi kepulangannya dari kampung halaman untuk kembali ke Jakarta, atau Medan, Surabaya dan Makassar. 

Musa Tatisina, 53 tahun, warga Cilincing, Jakarta Utara  mengaku sangat terbantu dengan adanya program mudik gratis ini. Musa yang mudik ke Ambon bersama isteri dan kelima anaknya mengungkapkan, tidak setiap tahun dia dan keluarganya bisa berlebaran di kampung halaman karena alasan biaya. 

“Begitu mendengar kabar ada program ‘Mudik Aman Berkesan’ Pelindo Group, saya langsung mendaftar. Ini untuk pertama kalinya saya ikut dalam program mudik gratis,” ujarnya. 

Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono menjelaskan, program Mudik Bersama Pelindo Group ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan untuk membantu masyarakat yang ingin merayakan Idulfitri di kampung halaman, namun terkendala dengan biaya yang relatif tinggi. Program ini sejalan dengan arahan Kementerian BUMN. 

“Program Mudik Bersama Pelindo Group ini di terselenggara melalui kolaborasi program TJSL dari Subholdiing dan Anak Perusahaan Pelindo. Dukungan yang diberikan antara lain berupa penyediaan moda tranportasi darat yaitu Bus ke berbagai macam tujuan kampung halaman pulang pergi dan tiket gratis kapal laut,” ujar Arif Suhartono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.