Sukses

Memaksimalkan Manfaat Buni, Buah Langka Untuk Kesehatan

Masyarakat di Sulawesi Selatan memiliki cara tersendiri untuk menjaga kesehatan tubuh di tengah cuaca ekstrim saat menjalankan ibadah puasa

Liputan6.com, Makassar Menjaga kondisi tubuh tetap prima dan sehat lahir batin pada bulan Ramadhan 1444 Hijriah sangat penting. Salah satunya dengan mengkonsumsi buah.

Tubuh yang sehat dan segar akan berpengaruh dalam melaksanakan ibadah puasa. Ditengah perubahan iklim dan cuaca ekstrim yang melanda sejumlah wilayah di kawasan Indonesia Bagian Timur.

Seperti masyarakat di Sulawesi Selatan memiliki cara tersendiri untuk menjaga kesehatan tubuh di tengah cuaca ekstrim saat menjalankan ibadah puasa.

Warga Sulawesi Selatan baik dari etnis Bugis dan Makassar biasanya mengkonsumsi buah Buni. Oleh warga kota Makassar menyebutnya Bune.

Pohon dengan khasiat buahnya yang luar biasa ini semakin langka di Indonesia. Bahkan di sejumlah wilayah, buah buni memiliki beberapa nama sebutan yang berbeda di setiap daerah. 

Seperti di tanah Pasundan atau Sunda, buah ini disebut buah Huni dan di Jawa buah buni disebut buah Wuni.

Kepala Bidang Keanekaragaman Hayati Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkot Makassar, Azhar Anwar mengatakan Pohon Buni tidak hanya dimanfaatkan sebagai kebutuhan kesehatan. 

Selain sudah langka, tanaman buah buni dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pionir dalam kegiatan penghijauan. Karena menghasilkan dedaunan yang berseling, dan pangkalnya tumpul bahkan membulat. 

"Sangat banyak manfaat secara ekologis dan medis buah dari Pohon Buni. Saat ini memang kami sedang melakukan peremajaan di sejumlah wilayah kota Makassar untuk membudidayakan Pohon Buni atau Bune sebutan kami etnis suku Bugis Makassar yang ada di Sulawesi Selatan," ucap Azhar Anwar kepada Liputan6.com, Senin (17/4/2023).

Menurut Azhar buah buni dengan tampilan satu tangkai memanjang dan berwarna keungu-unguan semakin langka di wilayah perkotaan di Indonesia. 

Buah tersebut memiliki khasiat yang tinggi jika di konsumsi pada cuaca ekstrim pada bulan suci Ramadan.

Sementara itu Hamdana Dg Hame, warga Jalan Sultan Abdullah 1, Kecamatan Tallo mengaku buah bune memiliki khasiat yang banyak selain menjadi obat.

"Orang-orang tua dulu kami menjadikan buah bune sebagai pengganti asam untuk masakan ikan pallu ce'la (Pindang) dan udang pallu ce'la. Rasanya manis-manis asam jika sudah bercampur jadi masakan. Biasanya orang Bugis sebut bune itu adalah buah Manurung oleh karena banyak manfaatnya,"vkata Hamdana Dg Hame usai menjolok buah bune di Tallo, Makassar. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Hingga Cara Mengolah

Berikut enam khasiat buah buni yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C dengan dosis tinggi yang terdapat pada buah buni dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, serta mencegah terjadinya kanker usus. 

Hal ini terjadi karena pada daging buah buni kaya akan serat. Untuk menjaga kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan dan mampu menyegarkan kembali tubuh yang sudah mengeluarkan banyak energi.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan provitamin A dalam buah buni sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan bisa mencegah terjadinya mata rabun dini.

3. Memperlancar Saluran Pencernaan

Karena sifat buah buni yang kaya akan serat, mengkonsumsi buah buni secara teratur akan mengisi kekurangan serat dalam tubuh.

Buah ini cocok sekali dikonsumsi pada saat mengalami pencernaan dan mencegah konstipasi.

4. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Buah buni memiliki fungsi antioksidan yang berguna untuk mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel kanker, serta penuaan dini. Adanya zat antioksidan juga berguna untuk menangkal efek radikal bebas

5. Peremajaan Kulit

Buah buni memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E. kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit karena akan meningkatkan proses degenerasi, menutrisi kulit, meremajakan kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati, sehingga kulit terlihat lebih muda dan sehat. Mengobati bisul dan gatal.

Sifat anti-inflamasi dan diuretik pada buah buni ini, dapat mengatasi berbagai penyakit kulit seperti misalnya gatal karena alergi, gigitan nyamuk, bisul, jerawat dengan cara mengoleskan buah yang sudah dihaluskan di letakkan pada bagian yang gatal.

6. Mencegah Hipertensi

Tidak hanya menyehatkan kulit, buah buni bermanfaat untuk antihipertensi dan kesehatan jantung yang abnormal. Buah buni ini juga bagus untuk dikonsumsi kepada penderita anemia atau kurang darah.

Cara Mengolah 

Buah buni yang sudah matang dicuci hingga bersih, lalu dibuang bijinya. Buah yang sudah bersih bisa langsung dikonsumsi. 

Jika ingin bervariasi, buah buni bisa juga dimakan dengan sambal rujak atau diawetkan sebagai manisan dan diolah menjadi sirup sehat alami buatan tangan sendiri. 

Pengolahan buah buni bisa juga dilakukan dengan cara ditumbuk. Buah yang ditumbuk bisa dijadikan sebagai jamu. 

Hasil tumbukan itulah yang dapat digunakan sebagai ekstrak jamu herbal. Cara lain memanfaatkan buah buni yaitu dengan menyeduh. 

Hasil seduhan bisa diminum untuk menghilangkan rasa gatal dan dari sisa ampas seduhan bisa dioleskan kepada luka atau gatal ditubuh. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.