Sukses

Jembatan Sei Wampu Langkat Penghubung Sumut-Aceh Siap Digunakan untuk Mudik Lebaran

Pengecekan kondisi infrastruktur menghadapi situasi arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023 di wilayah perbatasan Sumatera Utara (Sumut) terus dilakukan Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.

Liputan6.com, Langkat Pengecekan kondisi infrastruktur menghadapi situasi arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023 di wilayah perbatasan Sumatera Utara (Sumut) terus dilakukan Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak.

Pada Rabu, 12 April 2023, Jenderal Bintang 2 itu meninjau Jembatan Sei Wampu yang berada di Kabupaten Langkat. Jembatan Sei Wampu yang dibangun ini berfungsi sebagai jembatan penghubung Jalan Lintas Medan-Banda Aceh.

"Jembatan Sei Wampu pada Minggu, 16 April 2023, sudah dapat dioperasionalkan dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2023. Jembatan ini akses Medan-Banda Aceh, dan sebaliknya," ucapnya.

Diungkapkan Panca, pembangunan Jembatan Sei Wampu yang dikerjakan pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia diharapkan mampu mengatasi kepadatan volume kendaraan saat arus mudik Lebaran di wilayah perbatasan Sumut-Aceh.

"Sebelum dibangun, Jembatan Wampu ini menjadi titik kemacetan saat perayaan hari besar di Kabupaten Langkat perbatasan Aceh," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kondisi Jalur Semakin Lebar

Kapolda Sumut menuturkan, dengan adanya Jembatan Sei Wampu yang telah dibangun, kondisi akses jalur lalu lintas yang sebelumnya sempit, kini menjadi lebar. Sehingga dapat mengantisipasi terjadi kemacetan arus lalu lintas pada momentum mudik Lebaran tahun ini.

"Kita juga telah mengundang Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kementerian PUPR, untuk membahas persiapan sarana infrastruktur menjelang Idul Fitri," ucapnya.

Nantinya, terang Kapolda Panca, Ditlantas Polda Sumut bersama Dishub, PUPR, turun ke titik-titik tertentu untuk memetakan kondisi jalan dan perlintasan. Apabila ada jalan yang rusak menjelang Lebaran, sudah siap diperbaiki.

"Akses Jalan Tol Dolok Merawan, Sinaksak (Siantar) serta Tol Indrapura (Langkat) diharapkan menjelang Idul Fitri 2023 sudah bisa digunakan," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Dolok Merawan-Sinaksak Difungsionalkan

Sebagai upaya mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik kendaraan selama libur Lebaran 2023, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat akan dibuka fungsional tanpa tarif alias gratis.

Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita, Dindin Solakhuddin mengatakan, terdapat 2 ruas gate to gate yang dibuka dan dapat dilalui kendaraan, yaitu Gate Tebing Tinggi-Gate Indrapura sepanjang 28,5 Kilometer (Km) dan Gate Dolok Merawan-Gate Sinaksak sepanjang 15,6 Km.

"Jika sebelumnya kendaraan yang melintas di Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dari arah Medan hendak menuju wilayah lain seperti Kisaran atau Kuala Tanjung harus berakhir di exit Tebing Tinggi ke jalan nasional, nantinya dengan fungsionalnya jalan tol kami, maka kendaraan dapat melanjutkan perjalanannya hingga berakhir di Indrapura," kata Dindin, Rabu 12 April 2023.

"Sedangkan fungsionalnya Gate Dolok Merawan hingga Gate Sinaksak diharapkan menjadi jalur alternatif bagi kendaraan yang melintas di jalan nasional dari arah Kota Medan yang akan menuju Pematang Siantar," sambungnya.

Diterangkan Dindin, Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat sampai dengan saat ini masih dalam tahap konstruksi. Setelah melalui evaluasi dan tinjauan lapangan dalam kurun waktu 2 pekan terakhir, kedua ruas gate to gate ini dinilai yang paling memungkinkan kesiapannya untuk digunakan saat momentum Lebaran. 

"Dari aspek keamanan dan kenyamanan, dapat dilintasi bagi kendaraan," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Dibuka 15 sampai 28 April 2023

Dikatakan Dindin, jika berkaca pada momen Lebaran di tahun-tahun sebelumnya, serta berdasarkan informasi dari Ditlantas Polda Sumut, diprediksi mulai H-7 Lebaran tahun ini akan terjadi kenaikan volume kendaraan di jalan nasional.

Mengantisipasi hal tersebut, maka fungsional kedua ruas tol ini direncanakan mulai dibuka pada tanggal 15 April 2023 sampai dengan tanggal 28 April 2023 dan difungsikan 2 lajur 2 arah, serta diperuntukkan hanya untuk kendaraan golongan 1, yaitu mobil, mini bus.

"Batas kecepatan kendaraan 40 hingga 60 Km per jam," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini