Sukses

Sambut Pemudik Lebaran 2023, Pemda Gunungkidul Kebut Perbaikan Jalan

Berbagai langkah terus dilakukan pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam rangka menyambut kedatangan para pemudik dari luar daerah. Selain menyiapkan akses lalu lintas, juga pemeliharaan jalan.

Liputan6.com, Gunungkidul - Berbagai langkah terus dilakukan pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam rangka menyambut kedatangan para pemudik dari luar daerah pada musim mudik Lebaran 2023. Selain menyiapkan akses lalu lintas, juga pemeliharaan jalan.

Pemeliharaan jalan sendiri dilakukan menyusul banyaknya jalan yang berlubang akibat curah hujan yang tinggi beberapa waktu terakhir. Sehingga, terdapat kerusakan berupa jalan retak dan berlubang baik jalan utama maupun jalan lain.

Menurut Sekdin PUPR Gunungkidul, Putro Sapto Wahyono mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan pemeliharaan setidaknya ada 20 titik ruas jalan. Adapun pemeliharaan meliputi 16 ruas jalan umum, dan 4 ruas lain yang merupakan jalur wisata.

"Kita lakukan pemeliharaan dengan menambal aspal yang sudah rusak maupun berlubang, sehingga saat terjadi lonjakan pemudik, lalu lintas tetap lancar," kata Sapto.

Sapto menuturkan bahwa anggaran yang dikeluarkan DPUPR sebesar Rp3 miliar menggunakan anggaran swakelola. Selain pemeliharaan jalan, anggaran tersebut juga digunakan untuk perbaikan talut yang rusak.

Menurutnya, pemeliharaan dengan menambal jalan tersebut merupakan langkah antisipasi jangka pendek. Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berkomitmen untuk memperbaiki jalan secara menyeluruh.

"Ini hanya solusi pendeknya, jangka panjangnya akan menyeluruh menyesuaikan dengan anggaran daerah," dia memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.