Sukses

Jurus Pertamina Penuhi Kebutuhan Energi saat Musim Mudik Lebaran 2023

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) memastikan kebutuhan energi mulai dari BBM hingga gas elpiji akan terpenuhi.

Liputan6.com, Jakarta - Kebutuhan energi di Jawa Barat diprediksi meningkat terutama memasuki masa arus mudik Lebaran 2023

PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) memastikan kebutuhan energi mulai dari BBM hingga gas elpiji akan terpenuhi. 

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Deny Djukardi mengatakan, sudah membentuk Satgas Ramadan dan Idul Fitri (Rafi) untuk mengawal kelancaran ketersediaan energi selama arus mudik di Jawa Barat.

Deny menyampaikan, Pertamina juga menyediakan layanan tambahan selama Ramadhan 1444 Hijriah di setiap SPBU jalur mudik.

“Pertamina memastikan kebutuhan BBM dan LPG terpenuhi dengan baik untuk seluruh masyarakat di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.” terang Deny, Rabu (5/4/2023).

Dia memprediksi akan terjadi kenaikan jumlah kebutuhan BBM dan LPG selama masa arus mudik lebaran. Setidaknya akan ada peningkatan kebutuhan sebanyak 6 persen untuk Gasoline (bensin) dan penurunan Gasoil (diesel) sebanyak 11 persen.

Penurunan bbm jenis gasoil karena adanya pembatasan kendaraan angkutan barang dibandingkan dengan rata-rata penjualan pada Maret 2023. 

"Hal ini juga sudah mempertimbangkan peningkatan arus mudik yang didominasi oleh mobil pribadi dan sepeda motor," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stok BBM dan Gas

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengatakan pasokan BBM dan LPG di Jawa Bagian Barat dalam kondisi aman. 

Eko menyatakan siap mengawal kelancaran pasokan dan distribusi BBM dan LPG untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Jawa Bagian Barat selama arus mudik Lebaran tahun 2023.

“Kami juga menyiapkan tambahan stok sesuai dari perhitungan proyeksi rata-rata konsumsi untuk masing-masing produk.” ungkap Eko.

Untuk wilayah Jawa Bagian Barat, pasokan BBM dan LPG di wilayah Jabodetabek disalurkan dari Integrated Terminal Jakarta. Untuk di wilayah Banten berada di Fuel Terminal Tanjung Gerem dan Terminal LPG Tanjung Sekong. 

Sedangkan untuk di wilayah Jawa Barat berada di Fuel Terminal Ujung Berung, Fuel Terminal Cikampek, Fuel Terminal Padalarang, Fuel Terminal Tasikmalaya, Integrated Terminal Balongan.

Pertamina menyediakan layanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama mudik. Layanan tambahan tersebut berada di jalur potensial seperto tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama.

"Layanan tambahan kami berupa 12 Kiosk BBM Pertamina Siaga, 3 Rumah Pertamina Siaga, 1 PTO (Mobile Dispenser), 115 Motorist, 71 SPBU Kantong (Mobile Storage), 172 SPBU Siaga, 3 Mini klinik, 1418 Agen LPG Siaga," ujar Eko.

Eko menambahkan, sebanyak 1646 SPBU, 584 Pertashop, 1544 agen LPG PSO, dan lebih dari 47 ribu pangkalan LPG PSO disiagakan. Lembaga penyalur tersebut tetap siaga beroperasi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan BBM dan LPG.

“Dengan peningkatan konsumsi masyarakat dari stok yang ada maka ketahanan stok kami masih mumpuni menghadapi lonjakan konsumsi masyarakat,” ujar Eko. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini