Sukses

Yuk Mampir, Masjid Raya dan Balai Saji Bandung Sediakan Takjil Gratis Selama Ramadan 2023

Warga bisa mendatangi Jalan Cibatu Raya, Antapani, Kota Bandung, untuk mendapatkan menu berbuka gratis dari Balai Saji Bandung.

Liputan6.com, Bandung - Pada bulan suci Ramadan berbagai lapisan masyarakat kerap menyediakan makanan maupun takjil gratis untuk berbuka puasa. Kebaikan semacam itu seperti dilakukan oleh Balai Saji.

Balai Saji merupakan penyedia makanan gratis sejak 2019. Awalnya aktif di Balikpapan hingga akhirnya menyebar sampai ke Sulawesi, Jakarta, sampai ke Kota Bandung. 

Di Kota Bandung, Balai Saji setiap harinya menyediakan 200 porsi yang terdiri dari nasi, lauk, minum, dan takjil selama Ramadan tahun ini.

"Kita masak sendiri bersama tim. Tentunya no micin dan untuk menunya pun setiap hari berganti-ganti," kata Pendiri Balai Saji Indonesia, Nirwana Tawil, dalam keterangannya di Bandung, (4/4/2023).

Balai Saji Bandung yang berlokasi di Jalan Cibatu Raya, Antapani ini merupakan cabang ke-17 yang berkolaborasi dengan Syaamil Group dengan bantuan 11 orang karyawan.

Meski gratis, Balai Saji tetap menjaga kualitas. Mulai dari tempat yang bersih, masakan yang enak dan bergizi, serta pelayanannya yang sangat ramah.

Nirwana berharap, Balai Saji ini bisa terus bertumbuh, dan memberikan keberkahan untuk semuanya.

"Karena Balai Saji ini merupakan dakwah kemanusiaan. Siapa pun berhak mendapatkan makanan gratis," ungkapnya. 

Sementara itu, selama bulan Ramadan ini pun Masjid Raya Bandung akan menyediakan sekitar 1.000 takjil setiap harinya untuk warga. Hal ini menjadi kegiatan rutin yang dilakukan pengurus masjid hampir di setiap bulan puasa.

Menurut keterangan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Raya Bandung, takjil yang disediakan hasil dari galangan dana para donatur. Masyarakat bisa turut menyumbang untuk penyediaan takjil gratis. Bentuk sumbangannya tak hanya uang tapi bisa juga makanan atau berbentuk natura.

"Menerima apa pun termasuk natura. Jika (natura) biasanya akan dikoordinasikan dahulu untuk menghindari adanya makanan tersisa," kata Ketua DKM Masjid Raya Bandung, Ayi Hasyim Ashari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.