Sukses

Kisahkan Amanah Sang Ayah, Musa Rajekshah Menangis Saat Buka MTQ YHA ke-4

Musabaqah Tilawah Alquran (MTQ) Yayasan Haji Anif (YHA) kini kembali dilaksanakan, dan sudah memasuki tahun keempat. Gelaran ini sekaligus memperingati milad Almarhum H Anif bin H Gulrang Shah.

Liputan6.com, Deli Serdang Musabaqah Tilawah Alquran (MTQ) Yayasan Haji Anif (YHA) kini kembali dilaksanakan, dan sudah memasuki tahun keempat. Gelaran ini sekaligus memperingati milad Almarhum H Anif bin H Gulrang Shah.

MTQ YHA ke-4 dibuka langsung Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah di Masjid Al-Musannif Cemara Asri, Deli Serdang, Kamis, 23 Maret 2023, malam.

Pada kesempatan itu, Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah, yang juga menjabat Ketua YHA mengisahkan kembali perjalanan MTQ yang digagas almarhum ayahnya.

Ijeck tak dapat menahan tangis, sembari berharap dapat terus melanjutkan amanah almarhum ayahnya menggelar MTQ agar generasi muda di Indonesia khususnya Sumut menjadi generasi yang cinta alquran.

"Dia menginginkan anak-anak, generasi ke depan cinta alquran, dapat membaca alquran dengan benar dan bisa memaknai isi kandungan dalam alquran, sehingga generasi ini tidak hanya berilmu dunia, tapi juga mempunyai bekal akherat," sebut Ijeck usai membuka MTQ Tahfizh Alquran dan Sholawat Asyghil YHA ke-4.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penuh Tantangan

Diungkapkan Ijeck, MTQ ini pertama kali hadir di tahun 2019, dilanjutkan tahun 2020, 2022 dan yang keempat di tahun 2023.

"Sebelumnya setiap memperingati kelahirannya, orang tua kami memberi santunan saja tapi di tahun 2019 minta tambahkan buat acara MTQ. Pesannya saat itu harus semeriah mungkin, dengan hadiah sebaik mungkin," ungkapnya.

Ijeck mengaku tahun kedua dan ketiga MTQ penuh tantangan, karena berhadapan dengan pandemi Covid-19. Bersyukur MTQ kedua bisa tetap dilaksanakan, sementara tahun ketiga acara diganti dengan Sayembara Desain Arsitektur Masjid Al-Musannif.

"Tahun 2021 acara diubah jadi sayembara desain masjid, dan tahun 2022 almarhum orang tua kami tidak sempat melihat, karena sudah berpulang," ujar Ijeck sembari menangis.

3 dari 4 halaman

Terus Melanjutkan Amanah

Almarhum H Anif wafat pada hari Rabu, 25 Agustus 2021. Ijeck berharap, dia bersama keluarga bisa terus melanjutkan amanah almarhum. Mewakili keluarga, memohon doa dari semua yang hadir agar bisa terus melanjutkan amanah orang tua, melaksanakan MTQ.

"Alhamdulilah acara ini bertepatan di bulan Ramadan, semoga mendapat keberkahan dari Allah SWT," harapnya.

Paman Ijeck, Rahmat Shah, turut mengucapkan syukur dan terima kasih kepada seluruh jemaah yang hadir memeriahkan gelaran MTQ.

"Semoga kita semua bisa terus berbuat untuk umat dan bangsa ini, berbuat kebaikan sekecil apapun kepada siapapun, dimanapun kita berada," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Jumlah Peserta

Ketua Panitia, Sugeng Wanto menyampaikan, jumlah peserta MTQ tahun ini sebanyak 1.000 orang. Selain MTQ, tahun ini ada 1 cabang eksibisi yaitu Sholawat Asyghil.

Dirincikannya, peserta Tilawah Alquran kanak-kanak putra 200 orang, tilawah kanak-kanak putri 200 orang, Hifzil Quran kanak-kanak putra 200 orang, dan putri 200 orang. Sholawat Asyghil juga berjumlah 200 orang terdiri dari 40 grup 1 grup berjumlah 5 orang.

"Event kita ini dalam kelimpahkan berkah, keridaan Allah. Semoga dengan event ini Allah menerangi kubur Almarhum Bapak Haji Anif dengan cahaya alquran, dengan kemuliaan Ramadan," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.