Sukses

Viral Patung Bunda Maria Ditutup Terpal, Pemilik Rumah Doa: Inisiatif Sendiri Tidak Ada Paksaan dari Manapun

Video patung Bunda Maria ditutup terpal karena diduga dipaksa ormas viral di media sosial

Liputan6.com, Kulonprogo - Video patung Bunda Maria ditutup terpal karena diduga dipaksa ormas viral di media sosial. Lokasi patung Bunda Maria itu berada di sebuah rumah doa di Degolan Bumireji Lendah, Kulonprogo. Kapolres Kulonprogo AKBP Muharomah Fajarini, Kamis malam (23/3/2023) memberikan klarifikasi soal kabar penutupan paksa patung Bunda Maria tersebut.

Muharomah didampingi Sutarno, perwakilan dari pemilik rumah doa, FKUB, dari Kesbangpol, Kemenag dan yang mewakili dari Paroki Kulonprogo menjelaskan duduk perkara yang sebenarnya.

Rumah doa tersebut awalnya selesai dibangun pada Desember 2022 lalu. Pihak keluarga pemilik masih mengurus sosialisasi dengan masyarakat, Pemerintah Desa, FKUB, bahwa rumah doa ini belum diresmikan berdiri.

"Oleh karena itu pemilik yang domisili di Jakarta untuk sementara di rumah doa tersebut terdapat patung Bunda Maria, untuk sementara ditutup dengan terpal yang merupakan inisiatif dari pemilik rumah doa," kata Muharomah.

Dirinya menjelaskan, yang menutup sendiri adalah dari pihak keluarga pemilik, yaitu adik kandung, dan tidak ada paksaan dari ormas mana pun.

Pada prinsipnya pembangunan rumah doa perlu adanya sosialisasi dari pihak masyarakat kepada pihak masyarakat, dari keluarga, tokoh desa dan tentunya dari FKUB. Setelah Lebaran rencananya akan dikomunikasikan lagi secara internal dan disosialisasikan kepada masyarakat soal pendirian rumah doa tersebut.

"Dan kami sudah dapat perintah dari Kapolda, jika tidak ada ormas yang menggangu kenyamanan dan ketentraman, utamanya di wilayah Kulonprogo dan bila ada, maka akan kami tindak," katanya.

Sementara itu, Sutarno adik kandung dari Yakobus Sugiharto, pemilik rumah doa tersebut mengatakan, dirinya yang menutup sendiri patung Bunda Maria menggunakan terpal dan atas inisiatif sendiri dari pemilik rumah doa. 

"Untuk menunggu penyelesaian administrasi untuk sementara patung tersebut kami tutup dengan tidak ada paksaan dari manapun," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Video yang Beredar

Sebelumnya Video ditutupnya patung Bunda Maria menggunakan kain terpal di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) viral di media sosial. Kabar yang beredar di media sosial, ada desakan dari ormas tertentu agar patung Bunda Maria setinggi 6 meter itu ditutup menggunakan terpal

Video itu lantas menyebar di media sosial dan grup-grup Whatsapp. Dalam video itu disertakan keterangan bahwa aksi penutupan patung karena ada desakan dari ormas. Patung itu disebut-sebut dalam mengganggu kekhusyukan umat muslim yang sedang menjalani ibadah puasa Ramadhan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini