Sukses

Longsor Melanda 3 Titik di Agam Sumbar, Pengendara Diimbau Waspada Saat Melintas Daerah Perbukitan

Longsor melanda tiga titik di Agam, Sumatera Barat, Senin malam (20/3/2023).

 

Liputan6.com, Agam - Longsor melanda tiga titik di Agam, Sumatera Barat, Senin malam (20/3/2023). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam menyebut, longsor menutup badan jalan di Kecamatan Ampekkoto akibat curah hujan yang tinggi.

"Material tanah longsor menimbun badan jalan dengan ukuran bervariasi dan tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Ichwan Pratama Danda di Lubukbasung, Selasa (21/3/2023).

Ichwan mengatakan, bencana longsor Agam pertama terjadi di Jorong Koto Sabarang, Nagari Balingka, Kecamatan Ampekkoto pada Senin (20/3/2023) sekitar pukul 19.50 WIB. Material tanah longsor menutup sebagian jalan nagari sepanjang lima meter dan tinggi 50 centimeter.

Sedangkan lokasi kedua di Jorong Koto Hilalang, Nagari Balingka, Kecamatan Ampekkoto yang menimbun sebagian badan jalan nagari dengan panjang lima meter dan tinggi 70 centimeter pada Senin (20/3/2023) sekitar pukul 19.50 WIB.

Setelah itu, di Jorong Pahambatan, Nagari Balingka, Kecamatan Ampekkoto yang menimbun jalan nagari sepanjang 10 meter dan tinggi 1,5 meter pada Senin (20/3/2023) sekitar pukul 19.20 WIB.

"Kita telah melakukan koordinasi dengan pemerintah kecamatan, nagari dan Kelompok Siaga Bencana (KSB) Balingka," katanya.

Ichwan menambahkan untuk pembersihan material longsor yang menutupi akses jalan bakal dilakukan pada Selasa (21/3) sekitar pukul 08.00 WIB, mengingat di lokasi masih diguyur hujan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Longsor Susulan

Kondisi tersebut dikhawatirkan bakal terjadi longsor susulan berisiko bagi petugas dan warga yang bakal membersihkan material itu.

"Pembersihan material bakal kita lakukan secara gotong royong," katanya.

Ichwan mengakui, Satgas BPBD Kabupaten Agam juga melakukan pembersihan material yang menyumbat aliran selokan di Toboh, Jorong Pahambatan, Nagari Balingka, Kecamatan Ampekkoto. Ini untuk menindaklanjuti laporan masyarakat terkait aliran selokan tersebut yang tersumbat.

Warga dan pengendara diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan saat melewati daerah perbukitan saat curah hujan tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini